Regional

Kembangkan Kawasan Mamminasata, Sungai Tallo-Jeneberang Dilirik Jadi Jalur Transportasi Baru

BIMATA.ID, Makassar – Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan menggelar rapat terkait usulan trayek perintis tahun 2025 bersama Dinas Perhubungan kabupaten/kota dan pengelola pelabuhan pada Kamis, 18 April 2024.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari surat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bernomor : AL.015/3/4/DJPL/2024 tentang usulan trayek perintis tahun 2025.

Kepala Dinas Perhungan Sulsel Bapak Andi Erwin Terwo mengatakan, pembukaan rute baru kapal perintis di wilayah timur Sulsel akan mengakomodir wilayah pesisir Teluk Bone sampai Pelabuhan Siwa dan Pelabuhan Malili.

Sementara wilayah Mamminasata, Sungai Tallo dan Jeneberang yang berada di dalamnya akan dimanfaatkan sebagai jalur transportasi baru.

“Ini untuk mengurangi aktivitas di jalan yang sangat padat. Pak Pj (Penjabat Gubernur) sangat berharap agar wilayah-wilayah ini dimanfaatkan,” katanya.

Andi Erwin berharap, Dinas Perhubungan kabupaten/kota maupun pengelola pelabuhan dapat memasukkan rute-rute baru.

Sementara itu, Baharuddin yang mewakili Kepala Dinas Perhubungan Pangkep berharap agar Pelabuhan Maccini Baji dijadikan pelabuhan pangkal.

Menurutnya, Pelabuhan Maccini Baji sangat strategis, apalagi Pangkep saat ini sudah dapat diakses via Kabupaten Bone, tanpa melalui Poros Camba.

“Ada jalan provinsi dari Bone ke Pangkep, jadi masuk ke Pangkep akan lebih cepat nantinya. Ini semua jadi alasan Pelabuhan Maccini Baji lebih baik dijadikan pelabuhan pangkal,” katanya.

(*)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close