BeritaPeristiwaPolitikRegionalUmum

Tina Wiryawati Dorong Penuh Reaktivasi Jalur Kereta Api Banjar-Pangandaran

BIMATA.ID, PANGANDARAN – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati S.H., mendukung penuh reaktivasi jalur kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang yang kembali digaungkan oleh Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin.

Anggota dewan daerah pemilihan Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar, ini mengatakan sejak sekitar lima tahun lalu wacana reaktivasi jalur kereta ini digaungkan, namun belum ada realisasinya hingga kini.

BACA JUGA: Kunjungan Prabowo Subianto ke IKN: Meninjau Persiapan Upacara HUT RI

“Tentunya reaktivasi jalur kereta ini akan meningkatkan aktivitas ekonomi sampai pariwisata ke kawasan tenggara Jawa Barat, terutama Pangandaran yang menjadi kawasan wisata populer di Jawa Barat,” kata Tina, Minggu (17/3/2024).

Ia mengatakan reaktivasi jalur ini sudah sangat dirindukan masyarakat, baik untuk angkutan orang maupun barang.

Sebab, Pangandaran pun merupakan daerah penghasil produk perkebunan, pertanian, dan perikanan.

Tina menuturkan hal ini pun akan mengurangi over kapasitas lalu lintas atau kemacetan yang kerap terjadi saat musim liburan di Pangandaran. Masyarakat akan tiba di Pangandaran tepat waktu tanpa macet-macetan.

“Perjalanan kereta, selama ini disebut juga sebagai perjalanan wisata. Karena sepanjang jalan kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah, bukan kemacetan. Datangnya juga tepat waktu, dan dapat menggerakkan transportasi umum di Pangandaran,” katanya.

BACA JUGA: Ketua Gen KAMI Sarankan Agar Prabowo Gibran Bentuk Rumah Transisi

Menurut Tina, kondisi jalur kereta api menuju Pangandaran dan Cijulang pun sebagian besar masih berkondisi baik dan tidak banyak ditempati bangunan seperti jalur kereta api yang mengalami mati suri lainnya.

Sehingga, proses reaktivasi bisa dilakukan dengan cepat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close