BeritaEkonomiNasional

Mendagri: Jakarta Bisa Jadi Pusat Ekonomi Seperti New York

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian telah membeberkan status, dan arah pembangunan Jakarta apabila tidak lagi menjadi Ibu Kota.

Mengenai hal itu, dalam rapat kerja dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR pada Jsaat membahas soal RUU Daerah Khusus Jakarta, Tito mengatakan, bahwa Jakarta diproyeksikan menjadi kota pusat bisnis, dan ekonomi seperti New York di Amerika Serikat atau Melbourne di Australia.

Kemudian, Tito juga menyampaikan, bahwa pemain mendorong Jakarta menjadi kota kelas internasional yang memiliki daya saing. Setelah tak lagi menjadi Ibu Kota, Jakarta diproyeksikan menjadi kota pusat perekonomian. Tak hanya di tingkat regional, tapi menjadi kota maju di dunia.

Baca juga: Pengamat: Prabowo-Gibran Kunci Demokrasi Kembali ke Tangan Rakyat

“Kita ingin kota Jakarta menjadi salah satu pusat utama di bidang perekonomian, jasa perbankan dan lain-lain. Intinya adalah kira-kira sama seperti New York-nya Amerika lah atau Melbourne-nya Australia,” ungkap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada saat membahas soal RUU Daerah Khusus Jakarta, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/03/2024).

Menurutnya, butuh komitmen bersama untuk mewujudkan visi bersama guna membangun Jakarta menjadi kota kelas dunia kota global.

“Kota yang tidak hanya bersaing atau memiliki daya saing pada tingkat regional Asia Tenggara tapi juga setara dengan kota-kota maju lainnya di dunia,” jelasnya.

Lihat juga: Raja Yordania Beri Selamat ke Prabowo via Telepon: Negaramu Membutuhkanmu

Tito berharap, RUU DKJ diselesaikan dalam masa sidang ini sesuai dengan amanat UU IKN pasal 41 ayat 2 yang menyatakan bahwa revisi UU DKJ dilaksanakan paling lambat 2 tahun setelah UU IKN diundangkan.

Sekedar informasi, UU IKN diundangkan pada 15 Februari 2022. Sehingga, RUU DKJ seharusnya bisa selesai dan diterapkan pada 15 Februari 2024. Sementara, masa sidang IV akan berakhir pada 4 April 2024.

“Artinya deadline kita 15 Februari 2024, sudah lewat. Jadi deadline 15 Februari harus konsisten kita laksanakan,” pungkasnya.

Simak juga: Foto Prabowo-Gibran dalam Bingkai Sudah Diproduksi dan Diperjualbelikan di Marketplace

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close