BeritaEkonomiRegionalUMKM

Menkop Jateng Dukung Industri Otomotif Melalui Kemitraan

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengungkapkan program strategis untuk mendukung pengembangan industri otomotif agar berdaya saing, di antaranya melalui kemitraan dan penciptaan jaringan kerjasama UKM dengan industri besar.

“Pengembangan kemitraan dan bentuk penciptaan jaringan kerja sama dengan usaha besar atau industri dan BUMN,” kata Teten saat menghadiri acara penandatanganan kerja sama riset dan pengembangan pusat teknologi Indonesia-Korea di Jakarta, Selasa.

Teten menyampaikan bahwa Kemenkop UKM juga meningkatkan daya saing sektor otomotif melalui Sertifikasi produk, Akselerasi pembiayaan melalui penyaluran KUR, Sentra industri UKM otomotif berhimpun dalam satu wadah membentuk koperasi, Kemudahan dan kesempatan berusaha melalui Omnibus Law, kebijakan afirmasi untuk perpajakan, sertifikasi produk-produk UKM masuk e-catalog, pelayanan satu pintu, dan Koordinasi lintas sektor melalui strategi nasional pemberdayaan koperasi dan UMKM.

Baca juga: Servasius Sesalkan Sayap Partai Hanura Deklarasi Dukung Prabowo

Menurutnya, program strategis yang dilakukan pemerintah melalui Kemenkop UKM bertujuan agar pelaku UKM dapat berdaya saing dan menembus pasar internasional, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa, dan negara.

Sekedar informasi, Pemerintah membutuhkan sinergi, kolaborasi dan kontribusi dari seluruh pemangku kepentingan, seperti sektor swasta, pengusaha, akademisi, asosiasi usaha, maupun komunitas/lembaga pendampingan.

Untuk diketahui, Kemenkop UKM memberikan apresiasi kerja sama antara Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif Indonesia (PIKKO) bersama Busan Economic Promotion Agency (BEPA) yang berasal dari Korea Selatan, terkait Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi Kendaraan Listrik (RnD Technology Center Electric Vehicle).

Lihat juga: DPC Gerindra Kota Semarang Sepakat Usulkan Pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close