BeritaNasionalPolitikPropertiRegional

Lasarus: Renovasi Rumah Betang Kapuas Hulu Bantu Meningkatkan Wisata di Kalimantan Barat

BIMATA.ID, Kapuas Hulu – Komisi V DPR RI melakukan inspeksi terhadap proyek renovasi Rumah Betang di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, sebagai bagian dari kunjungan kerja mereka ke wilayah tersebut. Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, yang menyatakan bahwa proyek renovasi Rumah Betang di Kabupaten Kapuas Hulu merupakan inisiatif pemerintah sebagai proyek percontohan.

Menurut Lasarus, dari sekitar dua puluh Rumah Betang yang masih dipelihara oleh masyarakat, hanya satu yang mendapatkan perhatian pemerintah. Renovasi ini dilakukan untuk memperbaiki penampilan Rumah Betang tersebut, yang sebelumnya mungkin terlihat kurang terawat.

“Kami ingin menata kawasan ini dengan baik. Membangun kawasan ini adalah langkah penting karena penampilan kawasan ini mencerminkan citra Indonesia, terutama bagi wisatawan mancanegara.” kata Lasarus dalam keterangannya, Senin (16/10).

Baca Juga : Relawan Garuda Deklarasi Dukung Prabowo, Sekjen Gerindra: Anak Muda Jangan Berhenti Berjuang

Selain itu, Lasarus mengungkapkan rencana untuk menjadikan Rumah Betang Lunsa Hilir di Kapuas Hulu sebagai pusat pembinaan seni budaya dan tempat memajang berbagai produk kerajinan lokal.

“Kami telah berdiskusi dengan Bupati setempat. Selain melihat Rumah Betang yang mencerminkan budaya Dayak zaman dulu, pengunjung juga dapat membeli produk-produk lokal yang otentik sebagai oleh-oleh,” tambahnya.

Simak Juga : Prabowo Sebut Sudah Kenyang Jadi Sasaran Black Campaign: Monggo Rakyat Menilai

Lasarus melihat Kapuas Hulu sebagai kabupaten yang unik. Selain hutan yang terjaga dengan baik, daerah ini juga memiliki banyak danau dan beragam spesies ikan. Oleh karena itu, ia yakin Kapuas Hulu memiliki potensi sebagai tujuan wisata yang menarik, terutama bagi pecinta alam.

“Kami percaya bahwa negara ini perlu bersiap dalam konteks pariwisata. Kami harus memberikan pengalaman yang memuaskan bagi semua orang yang mengunjungi tempat ini. Dengan demikian, kami berharap dapat mendorong pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu. Kedatangan lebih banyak wisatawan akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” ungkap Lasarus.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close