BeritaInternasionalNasionalPendidikan

Jokowi Ingatkan Pentingnya Sikapi Dinamika Global

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya merumuskan strategi, dan visi yang taktis dalam menyikapi dinamika global yang begitu cepat berubah.

“Kita harus membuat strateginya, strategi yang taktis, visi yang taktis, bukan visi yang terlalu mengawang-awang dan tak bisa dilaksanakan. Karena barang ini sudah lari ke mana-mana,” kata Presiden Joko Widodo dalam arahannya pada Peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIV dan Alumni Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXV Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (04/10/2023).

Menurutnya, dengan gagasan konektivitas digital ASEAN, serta dirumuskannya peta jalan kepemimpinan digital.

Baca juga: Relawan Pendukung prabowo Presiden, Gelar Aksi Sosial Bersih Lingkungan

Hal-hal tersebut menurutnya, sangat penting dibuat untuk mengantisipasi semua perubahan dan dinamika global yang setiap hari berubah begitu sangat cepatnya.

Meskipun demikian Presiden kembali menekankan semua pihak agar tidak takut dengan perubahan dan dinamika yang terjadi, sebab menurutnya tidak ada ruang di dunia tanpa dinamika.

“Kita harus sekarang ini mulai terbiasa dengan hal-hal itu, meski kadang suka terkaget-kaget. Belajar satu ini belum selesai, sudah keluar yang lainnya. Artificial intelligence keluar, muncul lagi generative artificial intelligence, dan yang lain-lain. Dan kita tidak bisa menghentikan namanya digitalisasi. Barangnya sudah ada, nggak bisa kita menghentikan. Kita juga nggak bisa menghentikan perubahan teknologi,” tegasnya.

Lihat juga: Anak Buah Prabowo: Revolusi Putih Bukan Sekedar Janji, Sudah Dilakukan Sejak 2009

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya strategi dan visi taktis untuk merespons hal tersebut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close