BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Duduk Sebelah Menhan Prabowo, Ini Gaya SBY Full Seragam di HUT Ke-78 TNI

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin menghadiri perayaan HUT Ke-78 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Beberapa mantan presiden juga hadir dalam acara ini, seperti Mantan Presiden RI Ke 6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri. Terlihat juga para Wakil Presiden yang hadir seperti Wakil Presiden Ke 7 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke 11 Boediono, Wakil Presiden ke 10 dan ke 12 Jusuf Kalla.

BACA JUGA: Putri Gusdur: Jiwa Nasionalisme Prabowo Sangat Tinggi

Dari pantauan CNBC Indonesia terlihat Megawati Soekarno Putri duduk berdekatan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. sedangkan terpantau pada jejeran kursi yang sama, Susilo Bambang Yudhoyono yang duduk bersebelahan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Upacara HUT TNI ini dimulai sekitar pukul 08.00 WB, dimana Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara juga memberikan amanat dan tanda kehormatan.

Selain itu, upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista.

BACA JUGA: Prabowo Dinilai Pemimpin Sportif Dalam Berkompetisi

Kekuatan Pasukan Upacara Parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

BACA JUGA: Putri Gusdur: Jiwa Nasionalisme Prabowo Sangat Tinggi

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara diatas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023.

Demonstrasi diantaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel. Juga tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel,dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan di tutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.

BACA JUGA: Isu Ditampar Prabowo, Wamentan: Enggak Ada Sama Sekali

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close