BeritaKesehatanRegional

Dinkes DKI Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Cacar Monyet

BIMATA.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyatakan masyarakat perlu memperkuat Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap cacar monyet (monkey pox) di Jakarta.

“Kami terus mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat Jakarta untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dengan menerapkan PHBS untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit ‘monkeypox’,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati pada saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Pola hidup yang dimaksud seperti rajin memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, terutama jika sedang sakit dan bertemu orang sakit. Lalu lebih bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi dan tidak berganti-ganti pasangan.

Baca juga: Gerindra: Prabowo – Gibran Dalam Kondisi Sehat Jalani Tes Kesehatan di RSPAD

Selain itu, Dinkes DKI juga menyebutkan pentingnya masyarakat untuk aktif melaporkan masalah-masalah kesehatan di lingkungannya yang memerlukan penanganan dan perhatian khusus dari petugas kesehatan.

Diketahui, Dinkes DKI Jakarta melaporkan hingga, Rabu (25/10/2023) sebanyak 13 kasus positif cacar monyet ditemukan di Jakarta. Sembilan orang berstatus suspek atau terduga bergejala “mpox”.

Sebagai informasi, penularan tersebut akibat kontak erat kulit atau gesekan kulit penderita yang terdapat di lenting atau lesi dengan kulit orang yang semula sehat. Sehingga, menyebabkan timbulnya mikrolesi pada kulit yang memudahkan virus masuk ke tubuh seseorang.

Lihat juga: Maung 08: Dukungan Untuk Prabowo-Gibran Tak Terbendung Lagi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close