BeritaEnergiRegional

15 Ribu Rumah di Jateng Dapatkan BPBL

BIMATA.ID, Banyumas – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali hadir memberikan bantuan penerangan listrik gratis untuk 15 ribu rumah tangga tidak mampu di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

“Kabupaten Banyumas akan mendapatkan 2.495 sambungan rumah tangga yang tersebar di 26 kecamatan, dan hingga 29 September 2023 telah tersambung 1.431 rumah tangga yang tersebar di 22 kecamatan” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Jateng di Desa Ketanda, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Selasa (10/10/2023).

Selain untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, program BPBL juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

Baca juga: Gibran Diminta Prabowo Jadi Cawapres

“Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga,” sambungnya.

Menurutnya, program BPBL dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya, karena seperti yang kita ketahui, listrik selain bermanfaat namun juga berbahaya,” pungkasnya.

Lihat juga: Gerindra Solo Undang Gibran Hadiri Konsolidasi, Prabowo Dijadwalkan Hadir

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close