BeritaInternasionalKesehatanNasional

Wamenkes Tekankan, Keselamatan Pasien Prioritas Utama Pelayanan Kesehatan

BIMATA.ID, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D menekankan dalam upaya mengurangi bahaya pasien dapat menciptakan pelayanan kesehatan yang lebih aman, dan berkualitas.

Dante mengatakan, keselamatan pasien merupakan isu penting dalam pelayanan rumah sakit secara global.

“Jika dilakukan dengan baik, hal ini dapat mengurangi burden of harm. Hal ini menunjukkan bahwa usaha mencapai patient safety masih harus menjadi fokus kita bersama dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang sejalan dengan transformasi pelayanan kesehatan rujukan,” kata Wakil Menteri Kesehatan, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono dalam peringatan Hari Keselamatan Pasien Dunia dalam daring di Jakarta, pada Minggu (17/09/2023).

Baca juga: LSI: Demokrat Bisa Beri Efek Elektoral Bagi Prabowo

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) , sebanyak 134 juta kejadian tidak diharapkan terjadi setiap tahun di rumah sakit yang ada di negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan berkontribusi terhadap 2,6 juta kematian setiap tahun karena perawatan yang tidak aman.

“Usaha untuk mengurangi bahaya pasien merupakan investasi yang baik karena dapat menghambat pembiayaan yang signifikan” ujarnya.

Kemudian, sambungnya, Global Patient Safety Action Plan tahun 2021 – 2030 menegaskan perlunya pengembangan budaya keselamatan pasien secara berkesinambungan.

Lihat juga: SMRC: Prabowo Tetap Didukung Warga Jabar Apapun Parpol Pendukungnya

Sekedar informasi, dalam tema engaging patients for patients safety, dimana menunjukkan pentingnya pelibatan pasien dalam mewujudkan keselamatan pasien dengan mendengarkan suara pasien, baik dalam pengambilan kebijakan, tata kelola maupun strategi keselamatan. Sehingga, dapat tercipta pelayanan kesehatan yang lebih aman, nyaman, dan berkualitas.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close