BeritaPeristiwaRegional

Mendag Salurkan Bantuan Pangan di Pasar Legi

BIMATA.ID, Solo – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan kegiatan operasi pasar hingga kini terus digencarkan oleh pemerintah guna mengintervensi kenaikan harga beras di pasaran.

Zulhas menyampaikan, bahwa pada saat ini tak ada lagi terjadi kenaikan harga beras, meski harga belum turun ke semula seperti pada saat sebelum adanya kenaikan.

“Kemarin dari Papua, kemudian Makassar, NTT, Batang, Jambi, Lampung, dan Solo. Muter terus operasi pasar. Mudah-mudahan harga tidak naik lagi. Syukur-syukur bisa turun,” ujar Zulkifli Hasan di sela-sela Operasi Pasar di Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Minggu, (24/09/2023).

Baca juga: Giliran Pedagang Pasar Deklarasi Dukung Prabowo Subianto 

Kemudian, selain operasi pasar, Zulhas menjelaskan, pemerintah juga memajukan penyaluran bantuan pangan beras atau bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat membutuhkan atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Diketahui, bantuan beras itu masing-masing KPM sebanyak 10 kilogram (kg) per/bulan dalam kurun waktu tiga bulan yakni pada September, Oktober, dan November 2023.

Sementara dari pantauan harga beras dan beberapa barang kebutuhan pokok di Pasar Legi itu diketahui harga beras belum turun meskipun saat ini menurut Zulhas tidak ada lagi kenaikan harga. Adapun harga barang kebutuhan pokok lainnya cenderung stabil.

Lihat juga: Pengamat: Merapatnya Demokrat ke KIM, Buka Peluang Khofifah Jadi Cawapres Prabowo

Menurutnya, bila masyarakat menginginkan beras dengan harga yang ditentukan pemerintah atau harga eceran tertinggi (HET), saat ini telah tersedia.

Seperti halnya e-commerce, Zulhas juga memastikan pemerintah sedang mempersiapkan regulasi untuk itu.

Sekedar informasi, Zulhas mencontohkan rencana peraturan tentang platform digital penyedia fasilitas perdagangan secara elektronik, tidak bisa menjadi produsen barang.

Simak juga: Prabowo Yakin Indonesia Bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Untuk diketahui, kunjungan Mendag Zulhas di Pasar Legi dalam rangka operasi pasar, serta pembagian Bansos kepada warga sasaran.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close