BeritaNasionalPolitikUmum

Ledia Hanifa Sebut Jangan Sampai Kita Memberlakukan Museum sebagai Tempat Penyimpanan Barang

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah menyoroti peristiwa terbakarnya Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam kemarin. Ia menegaskan, seharusnya Pemerintah jangan memberlakukan museum seolah seperti tempat penyimpanan barang.

Karena itu, ia meminta agar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) perlu memperkuat proteksi museum di Indonesia. Dirinya tidak ingin peristiwa naas tersebut terulang kembali di masa mendatang. Proteksi ini, baginya, krusial karena ia meyakini bahwa museum adalah pusat pembelajaran sejarah bagi generasi bangsa.

“Jangan sampai kita memberlakukan museum sebagai tempat penyimpanan barang. Pemeliharaan ini sangat penting karena kita melindungi kebudayaan Indonesia. Saya pribadi sering kali mengatakan kepada Dirjen kebudayaan, museum itu harus jadi pusat sumber belajar bagi para siswa untuk mempelajari kebudayaan dan karakter bangsa,” kata Ledia dalam keterangannya kepada media, di Jakarta, Senin (18/9).

Baca Juga : Petani Cianjur: Prabowo Sosok yang Berdaulat Setia dengan Rakyat

Oleh karena itu, Politisi Fraksi PKS itu berharap seluruh stakeholder terkait termasuk Kemendikbud Ristek untuk berkomitmen melindungi museum di Indonesia melalui regulasi dan implementasi yang efektif. Harapannya, dengan adanya dukungan proteksi ini bisa terwujud penuh sehingga mata rantai sejarah bangsa Indonesia menjadi abadi tersimpan dalam museum-museum di Indonesia.

“(Ini) PR kita mari kita sama sama (agar) lebih memiliki kesadaran dan memberikan perhatian yang lebih besar dengan memberikan penghargaan (berupa) penganggaran yang memadai bagi museum-museum yang ada di Indonesia agar semua hal yang (menjadi) kekayaan (dan) khazanah budaya di Indonesia ini bisa terjaga dengan lebih baik lagi,” tandasnya.

Simak Juga : PSI Tersanjung Ikut Hadir Saat Demokrat Beri Dukungan Prabowo di Hambalang

Diketahui, kebakaran telah terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9/2023) lalu pada pukul 20.00 WIB. Kemudian, berhasil dipadamkan oleh para petugas pemadam kebakaran sebelum pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima, kebakaran itu terjadi diduga adanya korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi. Di mana, peristiwa kebakaran tersebut menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja. Walaupun begitu, sebagian besar koleksi di Museum nasional berhasil diselamatkan. Hingga saat ini, aparat kepolisian masih melakukan investigasi secara mendalam.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close