BeritaPendidikanPeristiwaPerkebunanRegional

Dukung Wirausaha Lokal, Dinas Perkebunan Kaltim Gelar Pelatihan Pengolahan Minyak Goreng Kelapa

BIMATA.ID, Muara Jawa – Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak para pekebun Kelapa Sawit di Kelurahan Muara Jawa untuk memproduksi minyak goreng sehat.

Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa pengolahan Kelapa Dalam bagi kelompok tani, dan kelompok tani wanita (KWT) di kelurahan muara Jawa tengah, Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kukar telah berlangsung selama dua hari pada 18 hingga 19 September 2023.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir menjelaskan, dengan menerapkan pola hidup sehat, dan menggunakan minyak goreng yang sehat keluarga dapat terhindar dari resiko penyakit yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga: Relawan Aspirator Indonesia Emas Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Berdasarkan data statistik Kebutuhan per/kapita per/minggu terhadap minyak goreng kelapa Tahun 2022 Kota Samarinda sebesar 0.005, Kota Balikpapan sebesar 0.001,Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar 0.003, kabupaten Kutai Timur sebesar 0.007, Kota Bontang sebesar 0,001, kabupaten Berau sebesar 0,003, Kabupaten Paser sebesar 0,005, Kabupaten Penajam Paser Utara sebesar 0,004, Kabupaten Kutai Barat sebesar 0,001. Sementara, jumlah keseluruhan di Provinsi Kalimantan Timur kebutuhan perkapita perminggu sebesar 0,03.

Menurutnya, data tersebut menunjukkan terdapat kebutuhan yang cukup tinggi, dan peluang pasar yang besar untuk minyak goreng.

“Itu dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan kesehatan, peluang usaha dalam pengolahan minyak goreng kelapa cukup menjanjikan kedepannya” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir, Rabu (27/09/2023).

Lihat juga: DPC Kota Kediri Gelar Konsolidasi, Dukung Pemenangan Prabowo di 2024

Terlebih lagi Kaltim sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia, dipastikan akan terjadi peningkatan Populasi penduduk dari wilayah di luar ke dalam Kaltim yang akan bermuara pada peningkatan kebutuhan minyak goreng kelapa.

“Dengan adanya pelatihan pengolahan minyak goreng kelapa, akan memunculkan para pelaku pelaku usaha di bidang pengolahan minyak goreng kelapa.” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close