BeritaNasionalPerkebunanPertanianPolitik

Anggia Ermarini Dorong Kementan Siapkan Solusi Hadapi El Nino Demi Jaga Produktivitas Pangan Dalam Negeri

BIMATA.ID, Jakarta – Dalam menghadapi cuaca panas yang berkepanjangan atau El Nino. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menyiapkan solusi menghadapi El Nino berkepanjangan. Hal tersebut, menurut Anggia, agar petani tidak menurun produktivitasnya akibat cuaca panas yang berkepanjangan.

Hal ini disampaikan Anggia Ermarini kepada media Parlemen melalui keterangannya, di Gedung Nusantara, DPR RI Jakarta, Senin (04/09/2023).

Baca Juga : Terus Perkuat Basis Prabowo, Kader Gerindra Sukabumi Diminta Tuntaskan Perjuangan

“Karena ini kita sudah memasuki El Nino harus ada antisipasi yang memang update kepada masyarakat, warga terutama petani, supaya tidak terlalu jatuh produktivitasnya karena nggak ada hujan. Karena perkiraan sampai Oktober nanti akan kekeringan dan ini masyarakat di lapangan sudah banyak kekeringan,” kata Anggia.

Anggia mengatakan, Kementan bisa membantu mempersiapkan pompa air untuk mengairi ladang petani di tengah kekeringan yang terjadi. Sebab, El Nino yang berkepanjangan ini diharapkan jangan sampai mempengaruhi persediaan pangan di dalam negeri.

Simak Juga : Komunitas Lisan Resmi Dukung Prabowo, Pesan Fauzi Baadilla: Jika Ada Fitnah Terhadap Pak Prabowo, Kita Senyumin Aja

“Harus ada, misalnya, terobosan penyediaan sumber-sumber air, harus ada itu. Kementerian Pertanian kalau misalnya dibutuhkan salah satunya di pompa air, meskipun tidak bisa ambil ke sumur, tetapi bisa mengalirkan. Itu juga menjadi salah satu pertimbangan atau afirmatif yang bisa digunakan untuk para petani,” ujarnya.

Diketahui, Indonesia saat ini sedang mengalami dampak dari El Nino. Fenomena El Nino menyebabkan berbagai wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau lebih kering dibandingkan 3 tahun sebelumnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close