BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Pengamat: Prabowo dan Pendukungnya Sama-sama Santun

BIMATA.ID, Jakarta- Adab atau tata krama bakal calon presiden (capres) dari Gerindra Prabowo Subianto menuai pujian. Salah satunya ketika Prabowo tengah bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengamat politik dari Founder Cyrus Network Hasan Nasbi menyoroti perilaku Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut, dan para pendukungnya yang sejalan.

BACA JUGA: Iwan Bule Kerahkan Relawan di Jabar Bantu Pemenangan Prabowo

Hal tersebut diungkap oleh Hasan Nasbi saat menjadi pembicara dalam podcast Total Politik yang diunggah di YouTube pada 29 Juli 2023.

Hasan mengatakan, perilaku Prabowo dan pendukungnya sama-sama santun. Ia memberi contoh saat Prabowo terlihat mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur. Salah satunya saat blusukan di Pasar Bululawang pada 24 Juli lalu.

Saat itu, Hasan menjelaskan, masyarakat yang memadati pasar meneriakkan nama Prabowo. Namun, Prabowo langsung memberi isyarat kepada mereka agar tidak melakukan hal tersebut. Video ini viral di media sosial.

BACA JUGA: Prabowo Jawara Elektabilitas di Tiga Provinsi Pulau Jawa

“Waktu di Malang, besoknya diajak Presiden ke Malang. Itu orang teriak-teriak (nama) Prabowo di depan Presiden loh. Pak Prabowo sampai (memberi gestur untuk diam),” ungkap Hasan.

“Gak enak ada Presiden. ‘Maaf Pak, ada yang gak sopan di sini’. Kata Pak Presiden ‘Gak apa-apa’. Ada videonya. ‘Gak apa-apa’ kata Pak Jokowi. Viral juga itu videonya di TikTok,” sambungnya.

Hasan menilai, sikap Prabowo meminta maaf itu adalah karena ia menghormati Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Kelebihan Prabowo Subianto Dibanding Capres Lain, Pengamat: Tidak Disetir Partai

“Pak Prabowo minta maaf karena kelakuan pendukung dia, ada Presiden loh. Prabowo merasa enggak enak,” kata Hasan.

Hasan juga menyoroti bagaimana para pendukung Prabowo tidak melakukan insinuasi (sindiran) tidak jelas ke figur capres potensial lainnya.

Contohnya saat Harlah Ke-25 PKB yang digelar di Solo beberapa waktu lalu, di mana Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak hadir. Pendukung Prabowo, menurut Hasan, tidak kemudian menggoreng peristiwa itu untuk menyudutkan Ganjar.

BACA JUGA: Prabowo Diskusi Bareng Influencer Soal Kreativitas dan Demokrasi RI

“Nah itu soal adab. Kalau kita melihat sekarang, adab Prabowo dengan adab pendukung Prabowo itu sejalan,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close