BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Kelebihan Prabowo Subianto Dibanding Capres Lain, Pengamat: Tidak Disetir Partai

BIMATA.ID, Jakarta- Prabowo Subianto yang merupakan bakal calon presiden (Capres), dikenal sebagai figur berdaulat yang dapat dipercaya untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di kabinet Jokowi, Prabowo diharapkan dapat membawa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045, yaitu visi untuk masa depan yang lebih baik bagi negara.

BACA JUGA: Elektabilitas Anies di Sumbar di Bawah Prabowo, Nasdem Berikan Tanggapan ini

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara.

Menurutnya, Prabowo dianggap sebagai figur berdaulat karena ia merupakan Ketua Umum partai yang memiliki kendali atas keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

Keberadaan Prabowo sebagai sosok yang berpengaruh dalam Partai Gerindra juga menjadikan partai tersebut sebagai salah satu lembaga demokrasi yang kuat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan datang.

BACA JUGA: Duduk Bareng Bintang Emon, Praz Teguh, dkk Prabowo Dibanjiri Doa Baik: Semoga Diberi Kemudahan Wujudkan Niat Mulia

“Kalau Pak Prabowo dia Ketum partai, kalau Pak Ganjar itu didikte oleh partai, nah yang punya partai mutlak hak prerogatif dari Bu Mega jadi bisa dilihat perbedaanya,” kata Igor dikutip pada Jumat (4/8/2023).

Dikatakan bahwa Prabowo merupakan sosok Ketua Umum Partai Gerindra yang sangat kompeten dalam menjaga suasana di partai itu berjalan secara kondusif.

Terbukti, para kader Partai Gerindra hingga saat ini menjadi salah satu yang tersolid dan jauh dari riak-riak politik.

BACA JUGA: Chef Bobon Santoso Dapat Pujian Prabowo: Gak Ngebayangin Sedekat Ini sama Beliau

Tak hanya berdaulat di dalam Partai Gerindra, menjelang Pilpres 2024, kata dia, sosok Prabowo juga memiliki keunggulan lain berupa tingkat elektabilitas yang kokoh di berbagai lembaga survei.

Hal itu seperti dipublikasikan dari hasil survei yang dikeluarkan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Pada survei yang dilaksanakan periode 3-15 Juli 2023, Prabowo terbukti unggul dari kandidat Capres partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Enggan Berkomentar Mengenai Calon Pengganti Panglima TNI dan KSAD

Di dalam hasil survei tersebut, Prabowo berhasil mengantongi dukungan sebesar 52,0 persen, unggul jauh dibandingkan Ganjar yang hanya meraup dukungan sebanyak 41,6 persen.

Melihat dari sosok berdaulat dan memiliki daya elektoral yang tinggi, Igor menegaskan Prabowo merupakan Capres yang saat ini memiliki probabilitas paling tinggi untuk memenangkan kontestasi demokrasi pada tahun depan.

Tak hanya itu, kedekatannya dengan Presiden Jokowi belakangan ini juga disinyalir menjadi sinyal kuat dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta itu kepada rivalnya pada Pilpres 2019 silam.

BACA JUGA: Momen Usil Para Komika Saat Bertemu Prabowo, Chandra Liow: Saya Bersedia Joget Bareng

“Jokowi ini banyak sekali mengendorse Pak Prabowo dan menunjukkan kedekatan bahkan kemesraan keduanya,” ungkap Igor.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close