BeritaRegional

Pemkot Surakarta Gandeng Swasta Wujudkan Giga City

BIMATA.ID, Surakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta di Jawa Tengah tengah menggandeng perusahaan swasta Huawei dalam upaya mewujudkan Giga City sebagai bagian dari pengembangan teknologi di kota tersebut.

Seusai penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Surakarta dengan Huawei di Solo Technopark (STP) Solo, Selasa, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, program tersebut diharapkan dapat semakin memajukan Kota Solo.

“Harapannya memberikan kontribusi lebih bagi STP dan Kota Solo,” kata Gibran, dikutip dari antaranews, Selasa (22/08/2023).

Baca Juga : Pengamat: Lawan Politik Ubah Haluan, Prabowo Makin Kuat Jelang Pilpres 2024

Dia juga memberikan apresiasi kepada Huawei karena CEO dan Vice President Huawei datang langsung untuk mendukung program Giga City yang dimulai dari STP tersebut.

“STP ini sudah ada lama tapi lama juga mati suri. Maka kami hidupkan lagi, kami bawa partner ke sini, sekarang sudah MoU dengan Huawei,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Huawei of Indonesia Guo Hailong berharap melalui program tersebut Solo akan menjadi model di tingkat nasional untuk program serupa.

“Mas wali juga sempat mengungkapkan dan menegaskan bahwa Solo Technopark dapat membawa Kota Solo untuk memiliki daya saing secara global,” ucapnya.

Ia menjelaskan, melalui inovasi dan teknologi maka STP dapat menjadi tempat pelatihan bagi UMKM dan wirausahawan muda untuk membawa dampak positif bagi Kota Solo.

Simak Juga : Upaya Menhan Prabowo Terus Memodernisasi dan Meningkatkan Sistem Pertahanan RI

Menurut dia, pembangunan infrastruktur teknologi dan informasi merupakan pilar utama untuk terwujudnya Indonesia Emas 2045.

“Pembangunan Giga City dengan interkoneksi berbasis global merupakan bagian signifikan dari smart city untuk mengembangkan ekonomi digital. Infrastruktur jaringan berkecepatan tinggi yang berkualitas terutama di kawasan teknologi sangatlah dibutuhkan,” jelasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close