BeritaInternasionalRegionalUMKM

Mendag Dukung UMKM Dapat Bersaing Secara Global

BIMATA.ID, SEMARANG – Sejumlah 12 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan 3 industri lokal dari berbagai daerah di Indonesia dipamerkan pada pembukaan ASEAN Economic Ministers Meeting (AEM) ke 55 di salah satu hotel di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Diketahui, hal itu bertepatan secara bersamaan yakni, peluncuran fisik ASEAN Online Sale Day (AOSD) 2023 atau hari belanja daring di ASEAN tahun 2023, yang diikuti oleh 19 UMKM dan industri dari berbagai wilayah di Indonesia, dan Filipina.

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, AOSD 2023 ini dapat mendorong UMKM lokal untuk bisa memasarkan dan, memperkenalkan produk unggulan dalam negeri kepada negara – negara di ASEAN.

Baca juga: Pengamat: Lawan Politik Ubah Haluan, Prabowo Makin Kuat Jelang Pilpres 2024

“Hari belanja online ya, Online Sale Day ASEAN. Artinya ini memang digital e-commerce sudah menjadi bagian dari perdagangan modern sekarang,” kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam keterangannya, Selasa (22/08/2023).

Menurutnya, setelah memiliki perjanjian perdagangan bebas antar sebagian negara ASEAN, kini hubungan perdagangan Indonesia bersama Malaysia, dan Filipina semakin pesat.

Lanjutnya, dengan adanya persaingan bebas perdagangan antar negara ASEAN ini, produsen dalam negeri utamanya UMKM dapat meningkatkan kualitas dan keunggulan produk mereka.

Lihat juga: Upaya Menhan Prabowo Terus Memodernisasi dan Meningkatkan Sistem Pertahanan RI

Untuk diketahui, AOSD 2023 ini dapat mendorong UMKM lokal agar dapat bisa memasarkan dan memperkenalkan produk unggulan dalam negeri kepada negara – negara di ASEAN.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close