BeritaPolitik

Mahfud MD Pamer Survei Tingkat Kepuasan Terhadap Dirinya Sejak Jadi Menko

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md, menyambut baik hasil survei Litbang Kompas terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah.

Mahfud membanggakan kenaikan tingkat kepuasan masyarakat khususnya di sektor politik, hukum dan keamanan.

“Yang lebih menggembirakan lagi kontribusi terbesar terhadap tingkat kepercayaan dan kepuasan ini diberikan oleh bidang politik dan keamanan. Bidang hukum juga sekarang mencapai tertinggi,” kata Mahfud, dikutip dari detik, Senin (21/08/2023).

Baca Juga : Koalisi Besar Terbentuk, Jubir Anies Sudah Prediksi Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo

Mahfud menjelaskan, peningkatan ini terjadi saat dirinya mulai diminta menjadi Menko Polhukam oleh Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu. 

Saat itu Mahfud menyebut tingkat kepuasan terhadap bidang politik, hukum dan keamanan memiliki persentase yang rendah.

“Ketika dulu saya masuk di Polhukam di 2019, angka hukum itu sedang sangat jelek. Tingkat kepercayaan publik dan kepuasan hanya 49.1 waktu itu yang ditunjukkan oleh Presiden kepada saya. ‘Saudara saya minta angkat, menjadi Menko Polhukam ini yang harus diperbaiki, antara lain soal penegakan hukum dan politik keamanan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, litbang Kompas menggelar survei terkait kepuasan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. 

Hasilnya sebanyak 74,3% responden puas dengan kinerja pemerintah Jokowi-Ma’ruf.

Survei ini dilakukan pada 27 Juli-7 Agustus 2023 melalui wawancara tatap muka, survei dilakukan terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. 

Simak Juga : Projo Sulawesi Tenggara Putuskan Dukung Pasangan Prabowo – Gibran di Pilpres 2024

Tingkat kepercayaan 95%, margin of error kurang lebih 2,65 persen.

Hasil survei tersebut menunjukkan 74,3% responden puas terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dan 25,7% responden tidak puas terhadap kinerja Jokowi. 

Tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf pada Agustus ini meningkat dibandingkan survei pada Mei 2023 yakni 70,1% responden.

Sedangkan tingkat ketidakpuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf pada Agustus 2013 mengalami penurunan. 

Dari semula pada survei Mei 2023 29,9% kini jadi 25,7%.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close