BeritaNasional

Kurangi Polusi Jabodetabek, Jokowi : Perlu Sistem Kerja Hybrida

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan perlu untuk mendorong sistem kerja hybrida untuk mengurangi polusi udara di Jabodetabek, yang dalam sepekan terakhir masuk ke kategori sangat buruk.

“Jika diperlukan, kita harus berani mendorong banyak kantor melaksanakan hybrid working, work from office, work from home mungkin. Saya tidak tahu nanti dari kesepakatan di rapat terbatas ini, apakah (jam kerja) 7-5, 2-5, atau angka yang lain,” kata Jokowi, dikutip dari antaranews, Senin (14/08/2023).

Jokowi menjelaskan, kualitas udara di Jabodetabek selama sepekan terakhir sangat buruk.

Diberitakan sebelumnya, pada Sabtu (12/08), kualitas udara di DKI Jakarta berada di angka 156 atau masuk kategori tidak sehat. 

Baca Juga : Media Asing Soroti Keunggulan Prabowo Dalam Pemilihan Presiden 2024

Menurut Jokowi, kemarau panjang hingga penggunaan sumber energi dari batu bara menjadi faktor penyebab buruknya kualitas udara di Jabodetabek.

“Kemarau panjang selama tiga bulan terakhir yang menyebabkan peningkatan konsentrasi polutan tinggi serta pembuangan emisi dari transportasi dan juga aktivitas industri di Jabodetabek, terutama yang menggunakan batu bara di sektor industri manufaktur,” tuturnya.

Dalam jangka pendek, dia pun memerintahkan kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) terkait untuk melakukan intervensi agar kualitas udara di Jabodetabek lebih baik.

Intervensi tersebut, tambah Jokowi, seperti rekayasa cuaca untuk memancing hujan di kawasan Jabodetabek dan menerapkan regulasi untuk percepatan penerapan batas emisi khususnya di wilayah Jabodetabek.

Jokowi juga memerintahkan agar ruang terbuka hijau (RTH) diperbanyak di daerah Jabodetabek, dia meminta agar segera disiapkan anggaran penyediaan RTH.

Simak Juga : PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Pengamat: KKIR Koalisi Potensial Menangkan Pilpres

Dalam jangka menengah, Pemerintah akan konsisten menerapkan kebijakan mengurangi penggunaan kendaraan berbasis fosil dan beralih ke transportasi massal. Dalam jangka panjang, aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim perlu diperkuat.

“Harus dilakukan pengawasan kepada sektor industri dan pembangkit listrik terutama di sekitar Jabodetabek dan mengedukasi publik yang seluas-luasnya,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close