BeritaNasionalPerkebunan

Indonesia Kembangankan Varietas Tebu Unggul guna Hasilkan Gula

BIMATA.ID, BOGOR – Direktur ID Food, Frans Marganda Tambunan mengajak mahasiswa, dan akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) University mengembangkan varietas tebu yang unggul, dan tanaman penghasil gula lain guna mendukung target pemerintah swasembada gula konsumsi pada tahun 2028, serta gula industri pada tahun 2030.

Frans menyampaikan, bahwa varietas unggul tanaman penghasil gula diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat tanpa bergantung lagi pada impor.

“Varietas inilah, perlu peran IPB. Pak Presiden kita sudah menetapkan target swasembada gula konsumsi maupun industri pada tahun 2028. Kita perlu varietas unggul,” ungkap Frans saat memberi sambutan pada kegiatan Srikandi BUMN goes to campus di IPB Dramaga, Bogor, Selasa, (29/08/2023).

Baca juga: Baliho Duet Prabowo – Gibran Terpampang di Labuan Bajo

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menjelaskan bahwa, pemerintah tengah mempersiapkan 700 ribu hektare ladang tebu untuk mendukung target swasembada gula hingga 5 tahun ke depan.

Diketahui, kebun tebu seluas 700 ribu hektare itu rencananya akan tersebar di berbagai wilayah Tanah Air.

Frans menuturkan, sesuai arahan Menteri BUMN, Erick Thohir untuk melaksanakan tugas dari Presiden, perusahaan ID Food dan mitra lain perlu mengutamakan pengembangan petani Indonesia untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Lihat juga: Jokowi Tiba di Muktamar Sufi 2023 Bareng Prabowo dan Habib Luthfi

Untuk diketahui, berdasarkan perhitungan Neraca Komoditas Pangan Tahun 2023 dari kebutuhan nasional 3,4 juta ton, diperkirakan produksi nasional mencapai 2,6 juta ton, sementara masih terdapat cadangan dari tahun 2022 sebesar 1,1 juta ton sehingga masih diperlukan pengadaan 900 ribu ton agar di akhir tahun masih terdapat stok 1,2 juta ton.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close