BeritaNasionalPolitik

Mendag Zulkifli Hasan Berharap TNI Tetap Netral di Pemilu 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas, memberikan selamat ulang tahun kepada TNI dalam rangka perayaan HUT ke-78 mereka. Ucapan selamat dari Zulhas disampaikan setelah ia mengikuti prosesi upacara peringatan HUT ke-78 TNI yang diadakan di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Kamis (5/10) pagi.

“Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-78 untuk TNI. Ini adalah sebuah apresiasi untuk TNI kita, dan semakin hari semakin tahun, masyarakat semakin mencintai TNI-Polri kita,” kata Zulhas.

Selain memberikan selamat, Zulhas juga mendoakan agar TNI semakin dicintai dan dipercayai oleh seluruh masyarakat. Di tengah suasana tahun politik, Zulhas berharap agar TNI tetap netral dalam Pemilu 2024 dan dapat menjaga proses demokrasi dengan baik.

“Kami berharap bahwa TNI dapat menjaga proses demokrasi dengan baik pada tahun politik ini, sehingga Pemilu dapat berjalan lancar, dan kita mendapatkan pemimpin yang sesuai dengan pilihan rakyat,” tambahnya.

Baca Juga : Ketua Relawan YIM Sebut Prabowo Butuh Sosok Yusril Untuk Dampingi di Pilpres 2024

Zulhas juga turut mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 TNI yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, dengan Mayor Jenderal TNI AD, Choirul Anam, sebagai komandan upacara.

Setelah mengikuti upacara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Kamis (5/10) pagi, Zulhas juga menyaksikan atraksi terjun payung yang dilakukan oleh personel gabungan TNI-Polri.

Sebanyak 78 prajurit penerjun pilihan TNI dari tiga matra bersama prajurit Polri melakukan demonstrasi penerjunan di langit sekitar Monas. Mereka melompat dari pesawat dan melakukan atraksi dengan menghasilkan kepulan asap berwarna dari flare.

Selain itu, beberapa penerjun pertama terlihat mengenakan parasut berwarna merah-putih yang berkibar, diikuti oleh penerjun lain dengan warna parasut yang berbeda. Beberapa penerjun juga mengibarkan bendera dengan logo TNI, TNI AU, AD, AL, dan Polri. Semua penerjun berhasil mendarat dengan sempurna di lokasi yang telah disediakan untuk prosesi upacara.

Cek Juga : Survei LSI: Head to Head, Prabowo Menang Telak Capai 50,2% versus Anies 26%

Zulhas terlihat tersenyum dan tertawa kecil, terhibur oleh atraksi ini, dan sejumlah tamu undangan lainnya juga ikut bertepuk tangan saat menyaksikan pertunjukan terjun payung ini.

Peringatan HUT ke-78 TNI 2023 melibatkan 4.630 personel pasukan dan 130 alutsista. Tema perayaan ini adalah “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.”

Selama perayaan HUT ke-78 TNI, juga diadakan parade alutsista yang menampilkan berbagai kendaraan tempur, kendaraan taktis, mobil dan motor listrik, pesawat nirawak (drone), sistem senjata, rudal, sistem peluncur rudal, tank amphibi Marinir, dan sea rider dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

Simak Juga : Gibran Cawapres Prabowo? Gerindra: Yang Putuskan Ketum Parpol Koalisi

Selain Presiden Jokowi, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, serta Ketua Wantimpres Wiranto.

Turut hadir juga mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kapolri Jenderal Listyo Sigit, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali, hingga KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Selain itu, tampak pula Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close