BeritaPeristiwaRegional

Kemenag Jateng Targetkan 209.000 Produk Telah Bersertifikasi Halal, di 2023

BIMATA.ID, BANYUMAS – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah (Jateng) tengah menargetkan proses sertifikasi halal terhadap 209.000 produk di provinsi agar dapat selesai pada tahun ini.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad, mengatakan, penyerahan sertifikat halal kepada Pringsewu Restaurant Group yang mendapatkan pendampingan dari Halal Center Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto.

“Ini bagian dari cara kita sebagai bangsa dan kemudian tentu dilayani oleh pemerintah untuk menjawab tantangan kekinian, lifestyle yang mulai bergerak kepada produk halal,” kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (20/08/2023).

Baca juga: Deklarasi Prabowo-Budiman Bersatu, Budiman Sudjatmiko: Kuatkan Kami untuk Indonesia Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur

Menurutnya, pihaknya segera melakukan penguatan di tingkat masyarakat melalui undang – undang (UU), dan sistem yang ada.

“Untuk yang perusahaan-perusahaan besar, mereka bisa berjalan sendiri dengan pendamping-pendamping halal dari berbagai lembaga, perguruan tinggi, pesantren, atau entitas yang lain,” ungkapnya.

Namun, untuk usaha mikro dan kecil, harus mendapatkan pendampingan – pendampingan khusus.

Lihat juga: Dukung Prabowo Presiden, Budiman Sudjatmiko: Prabowo Miliki Semangat yang Sama untuk Kedaulatan Rakyat Indonesia

“Ini yang menjadi perhatian kita dan harapannya di akhir 2024 itu nanti bisa kita selesaikan se-Indonesia, itu ada 10 juta produk. Kita akan menunggu apa yang diberikan pusat kepada Jawa Tengah, tahun ini Jawa Tengah akan menyelesaikan 209 ribu produk bersertifikat halal,” jelasnya.

Maka dari itu, hingga saat ini, pencapaian di Jateng telah di atas 120 ribu produk bersertifikat halal yang didominasi produk – produk makanan kecil.

Untuk diketahui, sertifikat halal yang diperoleh Pringsewu, telah mencakup seluruh produk yang jumlahnya mencapai kisaran 400 produk. Serta ia berharap Pringsewu Restaurant Group dapat memberikan inspirasi bagi restoran – restoran yang lain.

Simak juga: Dukung Prabowo Presiden, Budiman Sudjatmiko: Prabowo Miliki Semangat yang Sama untuk Kedaulatan Rakyat Indonesia

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close