Berita

Jalan di Kabupaten Pati Jateng Terputus Akibat Bencana Banjir dan Tanah Longsor

BIMATA.ID, Pati – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya mengatakan, sejumlah ruas jalan kabupaten penghubung antar kecamatan dan jalan alternatif penghubung antar kabupaten di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng) terputus. Hal tersebut terjadi akibat terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di Bumi Mina Tani sejak sepekan terakhir.

“Ruas jalan penghubung Tambakromo ke Kayen di Desa Purwokerto ditutup karena lebih dari separuh badan jalan tergerus longsor, Perintah pak bupati minta untuk ditutup karena memang membahayakan, terutama kendaraan besar. Tapi warga masih bisa beraktivitas lewat jalan alternatif, tapi ya memang butuh waktu cukup lama karena jaraknya lebih jauh,” katanya, Senin (09/01/2023).

Pihaknya menyatakan, selain akses jalan terputus karena longsor, jalan alternatif penghubung antar kabupaten sampai saat ini masih belum bisa dilalui kendaraan, terutama roda dua. Yaitu jalur Sukolilo Kabupaten Pati sampai ke Bareng Kabupaten Kudus. Saat ini genangan air di badan jalan cukup tinggi.

“Masih ada beberapa desa yang terisolir karena akses jalan masih tergenang,” ucapnya.

BPBD Kabupaten Pati saat ini memprioritaskan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Gabus, Jakenan, Juwana, dan Sukolilo, hampir semua desa yang tergenang banjir telah tersentuh bantuan hanya saja jumlahnya tidak sama.

“Karena ini tahun anggaran baru mulai, jadi bantuan-bantuan ya dari CSR (corporate social responsibility), BNPB, dan BPBD provinsi. Bantuan sudah kami upayakan merata tapi porsinya tidak sama,” jelasnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close