BeritaRegionalUmum

UPS Badan Air Penjaringan Targetkan Pembersihan Eceng Gondok Waduk Pluit Selesai Dalam Satu Minggu

BIMATA.ID, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara melalui Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Kecamatan Penjaringan, menargetkan pembersihan tanaman air eceng gondok di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, selesai dalam waktu satu minggu.

Hal ini disampaikan oleh pengawas UPS Badan Air Kecamatan Penjaringan Rabiula kepada awak media di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Kamis (20/07/2023).

“Untuk tuntas semuanya sih, seminggu, paling lambat ya,” kata Rabiula.

Baca Juga : Puji Prabowo, Budiman Sudjatmiko Dipanggil PDIP

Diketahui, Waduk Pluit menjadi sorotan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah karena dipenuhi tanaman air eceng gondok.

Kemudian, Rabiula mengatakan, bahwa pihaknya telah menerjunkan 250 personil untuk menanggulangi eceng gondok ini agar tuntas dalam waktu cepat. Jumlah personel itu meningkat dari hari sebelumnya, karena memerlukan tenaga ekstra untuk mengangkut eceng gondok.

“Hari ini kami personel ada 250 orang, untuk hari ini. Kemarin ada 150. Kami lihat perkembangannya kan, yang dari bagian dangkal ke sana kan banyak (eceng gondok), maka kami tambahkan 100 orang lagi,” ujarnya.

Simak Juga : Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024, BRIK 08 Siap Bergerak Bersama Rakyat

Selain personil, UPS Badan Air Kecamatan Penjaringan juga menerjunkan beberapa alat berat untuk memudahkan pembersihan.

Berdasarkan pantauan di Waduk Pluit, air keruh berwarna hitam terlihat secara kasat mata. Sementara itu, eceng gondok tumbuh subur di pinggiran Waduk Pluit. Saking banyaknya, eceng gondok sampai mengapung ke tengah-tengah Waduk Pluit dan terkadang terbawa arus air.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close