Nasional

Ratusan Mahasiswa FIPS Unibos Antusias Mengikuti Kuliah Kebangsaan Romo Syafii

MAKASSAR – Presidium Majelis Nasional KAHMI, Dr Romo Muhammad Syafii, SH.,M.Hum memberikan Kuliah Kebangsaan di Universitas Bosowa (Unibos), Kamis (6/7/2023).

Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Unibos ini, mengangkat tema Keadilan Restoratif Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia.

Turut hadir, Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. Batara Surya beserta jajaran Wakil Rektor, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Dr. Asdar, M.Pd.

Juga hadir, jajaran dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Unibos.

Dihadapan ratusan mahasiswa Unibos, Romo Syafii menjelaskan mengenai pengertian Keadilan Restorative yang biasa dikenal masyarakat dengan Restorative Justice (RJ).

Pendekatan keadilan restorative, kata Romo Syafii, merupakan upaya mengembalikan martabat manusia tanpa mengesampingkan esensi keadilan.

Sesuai dengan prinsip HAM yang fundamental, yakni penghormatan perlindungann, pemenuhan hak setiap orang dan kesetaraan yang sama dihadapan hukum.

“Maka jika sebelumnya terpidana kasus pengguna Narkoba dihukum pidana penjara, dengan adanya RJ tersangka tersebut bisa berkesempatan mengikuti rehabilitasi narkoba,” terangnya.

Romo menjelaskan kesulitan yang mungkin timbul adalah salah satunya kesulitan mempertemukan keseimbangan berbagai kepentingan (Pelaku, Korban, Masyarakat dan Negara).

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa kerelaan pelaku untuk bertanggung jawab dan kepuasan korban dalam menentukan hal yang bisa memperbaiki kerusakan dari suatu tindak pidana,” lanjutnya.

Serta pulihnya kondisi masyarakat seperti sedia kala merupakan tujuan utama dari keadlian restorative.

Sementara itu, Rektor Unibos Prof. Dr. Ir. Batara Surya menyambut baik kesediaan Romo Muhammad Syafii bersedia memberikan kuliah umum di Kampus yang dipimpinnya.

Rektor yang baru dilantik tahun 2022 ini, menyampaikan visi Unibos menjadi kampus modern dan siap bekerjasama dengan banyak pihak untuk memajukan universitas.

“Terima kasih atas kehadiran bapak Romo Muhammad Syafii di kampus kami. Kami juga mengucapkan selamat datang di Kota Makassar bersama rombongan,” terang Prof Batara Surya saat membuka Kuliah Tamu Fakultas Ilmu Pendidkan dan sastra Unibos.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Dr. Asdar, M.Pd yang menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung visi Rektor memajukan Unibos.

“Kuliah Tamu menghadirkan bapak Romo Muhammad Syafii ini adalah bagian dari komitmen kami memperluas jejaring membangun kemitraan memajukan kampus,” terang Dr. Asdar.

Ratusan mahasiswa yang hadir tampak antusias dengan pemaparan Anggota Komisi III DPR RI Romo Muhammad Syafii.

Dalam acara tersebut, Romo Muhammad Syafii membagikan buku Paradoks Indonesia dan Kepemimpinan Militer karya Prabowo Subianto kepada Rektor, Dekan, Dosen dan sejumlah mahasiswa sebagai literatur.

(***)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close