BeritaNasionalPolitikRegional

Rahmat Bagja Minta 72 Anggota Bawaslu dari 28 Provinsi Terlantik Pedomani UU Pemilu

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengambil sumpah janji serta melantik 72 Anggota Bawaslu dari 28 Provinsi. Dalam amanatnya, ia mendorong para anggota yang terlantik untuk bekerja sesuai aturan Undang Undang dalam menghadapi tahapan Pemilu Serentak 2024 yang semakin krusial.

Bagja menghimbau, tahapan pemilu ke depannya sangat krusial dan membutuhkan kerja keras pengawas pemilu di seluruh tingkatan. Sedangkan Pemilu 2024 saat ini berada pada masa perbaikan daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg), lalu persiapan masa pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden.

“Ke depan, akan ada penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg dan sekarang yang dihadapi masalah sosialisasi setelah PKPU Kampanye dikeluarkan. Teman-teman (terlantik) punya tugas penting ke depan,” kata Bagja melalui keterangannya, di Jakarta, Kamis (27/07/2023).

Baca Juga : Prabowo Ungkap Kesan Selama Jadi Menhan: Saya Bangga Bisa Berbuat untuk Bangsa Indonesia

Selain itu Bagja pun menegaskan, bahwa perlunya Bawaslu Provinsi berkoordinasi dengan Bawaslu RI, dan juga mitra terkait (KPU, DKPP, dan stakeholder) lainnya.

“Bapak ibu akan banyak waktu bekerja, kami punya janji terhadap UU 7/2017 untuk bekerja penuh waktu. Kami harap bapak ibu bisa menjalankan tugas dengan baik, dan semoga bapak ibu selalu sehat-sehat semua,” tandasnya.

Simak Juga : Hadiri Rakernas APDESI, Prabowo Berpesan agar Para Kades Mengabdi untuk Rakyat

Adapun 72 Anggota Bawaslu Provinsi yang terlantik tersebar ke dalam 28 provinsi ini adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, NTB, Bali, NTT, Gorontalo, Sulbar, Sulut, Sulteng, Kalteng, Kaltim, Kalsel, Kaltara, Maluku utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Pelantikan ini turut dihadiri dan disaksikan oleh tiga Anggota Bawaslu; Herwyn JH Malonda, Lolly, Suhenty, Puadi, Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Anggota DKPP I Dewa Raka Sandi, Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady, Deputi Bidang Teknis La Bayoni, dan Deputi Administrasi Ferdinand Eskol Sirait.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close