Regional

200 Tahanan Jaksa Kejari Makassar ‘di Suntik’ Vaksin Covid -19

BIMATA.ID, Makassar — Kejaksaan Negeri (Kejari) Negeri Makassar melakukan vaksinasi Covid-19 kepada sekitar 200 tahanan kejaksaan yang dititipkan di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya penanganan Covid-19 serta mendukung program pemerintah untuk mendorong percepatan vaksinasi nasional.

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Makassar Andi Hairil Akhmad mengatakan bahwa pelaksanakan vaksinasi Kejari Makassar bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan Makassar, KKP Kelas I Makassar, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Makassar dan Dittahti Polda Sulsel terhadap tahanan yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 

“Tahanan juga merupakan masyarakat yang berhak mendapatkan vaksin sedangkan mereka terbatas untuk mendapatkan hal tersebut, jadi kami fasilitasi untuk vaksinasi” jelas Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Makassar Andi Hairil Akhmad di Rutan Polda Sulsel, Selasa  14 September 2021.

Selanjutnya mantan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Soppeng ini menyebutkan bahwa pelaksanaan Vaksinasi bagi masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan, terdapat kendala administratif terkait pemenuhan data kependudukan.

Untuk itu dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan target masyarakat rentan dan masyarakat lainnya yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan tujuan pembentukan kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dapat tercapai maka pelaksanaan vaksinasi terhadap tahanan dilakukan bersama-sama dengan Dinas Dukcapil Kota Makassar.

“Beberapa tahanan tidak mengetahui NIK-nya bahkan ada yang belum memiliki NIK, maka Kami bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Kota Makassar untuk melakukan pelayanan dan pemenuhan terhadap kebutuhan NIK salah satunya dengan metode Biometrik atau sidik jar,i” papar Hairil.

Beberapa orang dari Tim Dokter, Tenaga Kesehatan, Petugas administrasi dan Pengamanan dari pihak-pihak terkait bekerjasama dengan baik untuk terselenggaranya kegiatan vaksinasi terhadap tahanan tersebut.

“Terimakasih buat Poltekes Makassar, KKP Makassar, Disdukcapil dan Dittahti Polda Sulsel atas terselenggaranya kegiatan ini,” tutup Hairil.

(****)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close