HeadlinePolitik

Prabowo ‘Rebut’ Suara Milenial dan Gen Z di Pilpres 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi figur calon presiden (capres) pilihan generasi Z dan generasi milenial di Pilpres 2024.

Hasil tersebut terungkap dalam temuan survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada periode 20-24 Juni 2023 dengan tema “Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda”.

Baca juga: Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Makin Tinggalkan Ganjar dan Anies secara Head to Head

“Nah, ini yang sampai sekarang kita perlu kaji ya. Apa yang menyebabkan Prabowo Subianto unggul di generasi Z (40,5 persen). Generasi Z memilih Pak Prabowo, termasuk juga generasi milenial,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei virtual, Minggu (23/7/2023).

Menurut hasil survei tersebut, keunggulan Prabowo berada pada tiga kelompok generasi, masing-masing sebesar, 40,5 persen untuk Gen Z (lahir tahun 2012 ke bawah), 37,1 persen pada milenial (lahir tahun 1996 ke bawah), dan 41,3 persen untuk generasi baby boomers (lahir tahun 1964 ke bawa).

Dengan perolehan angka itu, Prabowo mengungguli dua nama capres lainnya seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada simulasi pilihan 3 nama capres menurut kelompok generasi.

Untuk Gen Z, Ganjar dan Anies hanya memperoleh angka masing-masing 35,5 persen dan 22 persen. Adapun pada generasi milenial, perolehan suara Ganjar sebesar 34,8 persen dan Anies sebanyak 21,9 persen.

Selanjutnya, pada generasi baby boomer, 31,3 persen suara untuk Ganjar dan 14,2 persen untuk Anies.

Populasi pada survei Indikator kali ini merupakan WNI yang sudah memiliki hak pilih dalam Pemilu dan berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Total sample sebanyak 1.220 orang. Sementara itu, penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling, di mana terdapat margin of error sekitar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close