Politik

Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Makin Tinggalkan Ganjar dan Anies secara Head to Head

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan masyarakat semakin yakin memilih Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ini ditandai semakin naiknya elektabilitas Ketum Gerindra itu dari waktu ke waktu.

Dalam paparan surveinya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut, elektabilitas Prabowo kian melesat meninggalkan dua tokoh lainnya.

Dalam simulasi head to head dengan Ganjar, Prabowo meraup 49,5 persen suara dan meninggalkan Ganjar yang mendapat 40,9 persen dukungan.

Burhan mengatakan, tren elektabilitas Prabowo ini meningkat di waktu-waktu mendekati pesta politik 2024.

“Awalnya Mas Ganjar unggul sepanjang 2022. Tetapi mulai disalip Pak Prabowo di Maret 2023 ke atas. Selisihnya kurang lebih kisaran 9 persen,” kata Burhan, Minggu (23/7/2023).

Adapun apabila head to head dengan Anies, angka dukungan untuk Prabowo melambung hingga 56,2 persen. Angka tersebut meninggalkan Anies yang meraih 29,6 persen suara.

“Kelihatan Pak Prabowo makin jauh keunggulannya bila kalau head to head lawan Anies,” katanya.

Ia pun membeberkan alasan terkikisnya suara Ganjar. Ia menjelaskan, bila Anies tidak masuk putaran kedua, pendukung mantan Menteri Pendidikan itu akan memilih calon yang berada di tengah, yaitu Prabowo.

“Kita cek ternyata pendukung Anies kalau tidak masuk putaran kedua lebih banyak yang lari ke Pak Prabowo,” paparnya.

Tidak hanya simulasi head to head, Indikator Politik Indonesia juga memotret elektabilitas ketiga sosok tersebut. Hasilnya, elektabilitas Prabowo tetap mengisi urutan pertama simulasi tiga capres.

Prabowo menempati puncak klasemen capres dengan dukungan sebanyak 36,8 persen. Posisi kedua ditempati Ganjar dengan 35,7 persen suara dan Anies mengisi posisi ketiga dengan 21,5 persen dukungan.

Indikator Politik Indonesia menggelar surveinya sepanjang 20-24 Juni 2023. Survei ini Melibatkan 1.220 responden dari seluruh Indonesia.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close