BeritaEkonomiRegionalTravel

Kepala BTNK Danau Kelimutu Ungkap Beberapa Faktor Menurunnya Wisatawan Mancanegara pada Juni 2023

BIMATA.ID, NTT – Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK), Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) Budi Mulyanto menyampaikan, bahwa pihaknya telah mencatat adanya penurunan kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Kelimutu pada Juni 2023.

Budi Mulyanto mengungkapkan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke danau tiga warna itu sebanyak 5.630 orang pada Mei 2023.

Kemudian pada Juni meningkat menjadi 9.023 orang. Dari jumlah tersebut, Budi mengatakan, wisatawan nusantara (wisnus) lebih mendominasi, yakni 4.706 orang pada Mei 2023 meningkat menjadi 8.146 orang pada Juni 2023.

Baca Juga : Kuatnya Sinyal Dukungan Presiden Jokowi ke Prabowo

“Tapi untuk jumlah wisatawan mancanegara bulan Juni 2023 sebanyak 877 orang, menurun dari angka 924 orang pada bulan Mei 2023,” kata Budi melalui keterangannya kepada media, Kamis (06/07/2023).

Dirinya menerangkan, menurunnya kunjungan wisman tersebut, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aksesibilitas dan ketersediaan sarana transportasi.

Dia juga menyebut, kebanyakan wisatawan nusantara dari seputaran wilayah NTT, meskipun ada juga dari luar NTT.

Simak Juga : Andre Rosiade: Prabowo akan Menang Hattrick di Sumbar Pada Pemilu 2024

“Kalau kita lihat tren jumlah pengunjung tentu ada peningkatan, tapi juga bergantung pada hal-hal khusus, seperti bulan April itu karena libur hari raya Idul Fitri, lalu bulan Juni kemarin ada libur panjang,” terangnya.

Budi menambahkan, dalam upaya mendukung keberadaan Taman Nasional Kelimutu, BTNK melakukan pemberdayaan sekitar kawasan yang telah dimulai dari 2020 hingga 2024 nanti.

Selain itu, pihaknya melakukan pembenahan sarana dan prasarana pengelolaan wisata termasuk peningkatan kapasitas pengelolaan serta mitra masyarakat yang memanfaatkan jasa wisata di Danau Kelimutu.

Budi berharap, pengembangan pemberdayaan masyarakat sekitar bisa meningkatkan perekonomian, termasuk mendukung pariwisata Danau Kelimutu.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close