BeritaRegional

Kasdam XIII/Merdeka Tutup Latsarmil Komcad di Lapangan Secata Bitung

BIMATA.ID, Manado – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh diwakili Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, menutup secara resmi latihan dasar kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara Tahun Angkatan 2023 di lapangan Secata Bitung Rindam XIII/Merdeka, Sulawesi Utara, Senin (31/07/2023).

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam sambutan yang dibacakan Brigjen TNI M. Luthfie Beta mengatakan, sangat mengapresiasi dan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan saudara-saudara untuk ikut serta menjadi bagian dari komponen cadangan pertahanan negara.

Baca Juga : Tambah Dukungan Jelang Pilpres 2024, Prabowo: Berbagai Kekuatan Politik Hadir di Sini

Kerelaan ini merupakan bukti tanggung jawab kita bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Hari ini, saudara-saudara sekalian telah berhasil menyelesaikan pelatihan dasar kemiliteran sebagai anggota komponen cadangan pertahanan negara. Atas nama pribadi maupun pimpinan Kemhan, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan selamat kepada seluruh anggota komponen cadangan pertahanan negara dan saya bangga bisa berdiri di tengah-tengah prajurit komponen cadangan pertahanan negara yang kuat, tangguh dan berwibawa,” kata Luthfie, dikutip dari antaranews, Senin (31/07/2023).

Menhan Prabowo menjelaskan, adapun komponen cadangan pertahanan negara harus siap dimobilisasi sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DPR RI dengan komando dan kendalinya berada di Panglima TNI.

“Saudara semua yang telah berhasil melaksanakan pelatihan dasar kemiliteran hari ini, saya anggap prajurit-prajurit komponen cadangan pertahanan negara yang kuat, tangguh dan berwibawa. Saudara sekalian sudah dengan suka rela dilatih dan ditempa menjadi bagian dari potensi pertahanan negara,” jelasnya.

Simak Juga : PKB Jelaskan Guyonan Prabowo ke Cak Imin, di Milad PBB

Terdapat sebanyak 298 orang anggota Komponen Cadangan yang selesai mengikuti latihan dasar kemiliteran selama tiga bulan di Secata Rindam XIII/Merdeka tersebut.

Hadir pada saat itu, dari Kemhan RI TNT. Feri Pribadi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Kapok Sahli Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, para Asisten Kasdam XIII/Merdeka, para Kabalakdam XIII/Merdeka, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Walikota Bitung Maurits Mantiri, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi Gumay, Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close