BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Inilah 3 Kader PDIP yang Dipanggil Gara-gara Temui Prabowo

BIMATA.ID, JAKARTA – Banyak kalangan mulai meragukan soliditas internal PDIP dalam mendukung pencapresan Ganjar Pranowo.

Dalam beberapa bulan terakhir, misalnya, ada tiga kader PDIP yang bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Prabowo Terlihat Happy Jelang Pilpres, Ketua Tidar: Dia Memang Paling Bahagia Kalau Bisa Mengabdi Untuk Bangsa

Pertemuan tersebut dilangsungkan ketika partai mereka telah menunjuk Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di 2024.

Ketiganya adalah:

1. Putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka
2. Politisi senior Effendi Simbolon
3. Budiman Sudjatmiko

BACA JUGA: Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Jadi Palon Paling Diterima Publik

Gibran
Mei lalu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengejutkan publik saat fotonya dengan Prabowo ketika makan malam beredar di media sosial.

Yang menjadi persoalan, dalam pertemuan tersebut terdapat relawan Gibran yang kemudian menyatakan dukungannya terhadap Prabowo.

Hasilnya, DPP PDIP memanggil Gibran ke Jakarta untuk dimintai klarifikasi tiga hari setelahnya.

BACA JUGA: Fahri Hamzah Ungkap Kedekatan Prabowo Dengan Presiden Jokowi

Effendi Simbolon
Effendi Simbolon dipanggil setelah mengundang Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Indonesia (PSBI) di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7/2023).

Effendi selaku ketua umum PSBI menyatakan bahwa Prabowo diundang ke Rakernas PSBI dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan.

Namun dalam gelaran tersebut Effendi melemparkan sejumlah pujian bahkan sinyal dukungan kepada Prabowo sebagai calon bakal presiden (bacapres) 2024.

Anggota DPR RI Komisi I itu pun dianggap melakukan manuver, di tengah partainya yang sudah mengusung Ganjar Pranowo sebagai bacapres.

BACA JUGA: Baliho Prabowo Dekat Lahan Militer TNI AU Diturunkan

Diketahui, Effendi menyampaikan klarifikasi secara tertutup di hadapan Komarudin dan Hasto.

Klarifikasi tersebut, berjalan kurang lebih selama satu jam lamanya.

Dalam klarifikasinya, Effendi menuturkan bahwa Prabowo hadir memenuhi undangan di Rakernas PSBI dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan.

“Dalam forum itu dijelaskan bahwa Pak Prabowo diundang dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan. Yang semula akan berbicara tentang aspek-aspek bela negara,” kata Hasto.

Menurut Hasto, Anggota Komisi I DPR RI itu, sosok yang memahami betul terhadap kebijakan-kebijakan pertahanan dari Menhan Prabowo.

BACA JUGA: Baliho Prabowo Dekat Lahan Militer TNI AU Diturunkan

“Pak Effendi menyampaikan hal-hal yang bersifat objektif dan itu dilakukan dengan penuh pertanggungjawaban sebagai sosok yang lama berkecimpung di Komisi I DPR.”

Budiman Sudjatmiko
Terbaru, Budiman Sudjatmiko menjadi sosok yang dipanggil menghadap DPP PDIP karena bertemu dengan Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023) malam.

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun mengatakan ada indikasi pelanggaran disiplin partai yang dilakukan Budiman Sudjatmiko.

“Iya pasti kita panggil, saya pulang dari reses dipanggil. Semua sama, itu aturan berlaku untuk semua anggota partai tanpa kecuali,” kata Komarudin, Rabu (19/7/2023).

BACA JUGA: Gerrak PPRI 24 Deklarasi Dukung Prabowo Presiden di Slipi Jakarta

“Budiman malah datang di Prabowo. Itu indikasi pelanggaran disiplinnya itu,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Budiman mengaku siap dipanggil oleh PDIP karena pertemuannya dengan Prabowo.

“Oh enggak ada masalah. Oh saya suka biasa kok dipanggil panggil,” kata Budiman di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa.

BACA JUGA: Prabowo Bangun Akademi Sepakbola di Bekasi, Khusus Persija Gratis

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close