BeritaEdukasiNasionalPolitikRegionalUmum

Hari Mangrove Sedunia, Novita Wijayanti: Momentum Jaga Keberlangsungan Lingkungan

BIMATA.ID,Jateng – Peringatan Hari Mangrove sedunia yang diperingati setiap tahun harus jadi momentum semua pihak dalam menjaga keberlangsungan lingkungan dengan dampak yang lebih luas.

Karena, mangrove merupakan ekosistem pesisir yang unik dan berharga yang berperan sebagai benteng alami yang melindungi garis pantai dari erosi, badai, dan gelombang tinggi.

BACA JUGA: Prabowo Ungkap Kesan Selama Jadi Menhan: Saya Bangga Bisa Berbuat untuk Bangsa Indonesia

“Hutan bakau berfungsi sebagai penampung karbon yang efisien, membantu mengurangi dampak perubahan iklim dengan menyerap lebih banyak karbon dari atmosfer daripada hutan lainnya,” kata Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Novita Wijayanti dalam keterangannya, Rabu (26/07/2023).

Tidak hanya itu, Novita berpandangan bahwa ekosistem mangrove juga menjadi rumah bagi berbagai spesies hayati, termasuk satwa langka dan endemik yang menggantungkan hidupnya pada lingkungan ini.

Sehingga, sambung legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini, kehadiran mangrove diyakini beragam kehidupan laut berkembang biak dan bertahan hidup, yang pada gilirannya mendukung nelayan lokal dan ekonomi pesisir.

BACA JUGA: Hadiri Rakernas APDESI, Prabowo Berpesan agar Para Kades Mengabdi untuk Rakyat

“Sehingga, mangrove telah menghadapi tantangan besar akhir-akhir ini, perambahan hutan untuk pertanian dan pembangunan infrastruktur telah menyebabkan hilangnya hutan bakau secara massal. Termasuk, pencemaran dari limbah industri dan pertanian ikut andil meracuni ekosistem ini,” papar Novita.

Sebab selain memberikan perlindungan pesisir pantai, fungsi keberadaan mangrove diantaranya menyerap karbon dioksida di atmosfer, pemurnian air, hingga sumber daya dan pangan.

Oleh karena itu, kata Novita perlindungan dan restorasi mangrove sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem, keanekaragaman hayati, dan kesejahteraan manusia.

BACA JUGA: Antusiasme Kades Hingga Petugas Kebersihan Sambut Prabowo di Rakernas APDESI

“Upaya kolaboratif dalam melestarikan dan mengelola ekosistem ini harus dilakukan untuk menjaga manfaatnya bagi lingkungan dan masyarakat,” pungkas anggota Komisi V DPR RI tersebut.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close