BeritaEkonomiNasionalPertanian

Bupati Klaten Ajak Masyarakat Japanan Kembangkan Potensi Lokal

BIMATA.ID, KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani mengunjungi Desa Japanan, Cawas, dalam program Sambang Warga Tahun 2023 guna menyerap aspirasi masyarakat, pada Kamis (20/07/2023).

Mengenai hal itu, Sri mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi lokal guna meningkatkan kesejahteraan.

Menurutnya, potensi lokal dapat menjadi produk unggulan untuk meningkatkan perekonomian desa. Sehingga, potensi lokal Desa Japanan di antaranya potensi dari sektor pertanian dengan padi Raja Lele Shrink, dan sektor seni budaya dengan kesenian Gejog Lesung.

Baca juga: Airlangga Ungkap Kedekatan dengan Ganjar dan Prabowo

“Pemkab Klaten saat ini telah memiliki hak PVT atas pengembangan padi Raja Lele Sri Nuk. Sementara gejog lesung juga sudah ada HAKI-nya. Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk ikut mengembangkan potensi lokal ini,” ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani, pada Kamis (20/07/2023).

Selain itu, Sri mengapresiasi warga Japanan yang masih mempertahankan panganan lokal, lepet legondo.

Diketahui, Makanan tersebut merupakan kudapan dari beras ketan yang dibungkus janur dan wedang tahu. Yakni, minuman hangat dari sari jahe yang dipadu dengan kembang tahu.

Lihat juga: Lewat Pantun, Gerindra Goda Demokrat Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

“Saya dapat laporan kalau lepet legondo dan wedang tahunya Desa Japanan sampai dilirik oleh masyarakat dari luar Klaten. Ini merupakan potensi yang luar biasa, jika dikemas dengan baik dapat bernilai ekonomis yang dapat mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close