BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

Andre Rosiade: Hasil Survei LSI, 50,5% Masyarakat Minang Pilih Prabowo

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap hasil rilis survei capres 2024, salah satu hasilnya sebanyak 50,5% responden yang berasal dari suku Minang memilih Prabowo Subianto. Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade mengaku bersyukur masyarakat Minang masih mendukung Partai Gerindra dan Prabowo Subianto.

Survei yang dirilis LSI periode 1-8 Juli 2023 melibatkan 1.242 responden. Metode yang digunakan adalah random digit dialing atau wawancara telepon secara acak, margin of error survei ±2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Rekonsiliasi Prabowo, Jokowi dan Megawati Harus Terus Dijaga

Hasil survei itu terungkap basis pendukung Partai Gerindra yang berasal dari suku Minang sebesar 31,5%. Sedangkan berdasarkan simulasi 3 nama capres menurut sosio-demografi, sebanyak 50,5% responden dari suku minang mendukung Prabowo Subianto.

“Saya selaku Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat sangat senang bahwa PR besar saya dalam beberapa bulan terakhir telah terjawab, bahwa 50,5% masyarakat Minang sudah kembali memilih Prabowo. Ini kabar bagus yang patut disyukuri,” kata Andre melalui keterangan tertulisnya, Kamis (13/7/2023).

Andre mengatakan, sejak November 2022, Prabowo Subianto mendapatkan sentimen negatif dari kalangan warga Minang lantaran berbagai berita negatif dan fitnah yang beredar di tengah masyarakat Sumbar.

BACA JUGA: Muzani Ungkap Pesan Ulama-Kiai ke Prabowo: Jangan Tinggalkan PKB

Namun, sejumlah kader Gerindra dan Andre terus melakukan upaya kerja politik untuk menekan isu negatif tersebut sehingga kondisi itu kini berbalik. Mayoritas masyarakat Minang yang sempat berpindah dukungan kembali mendukung Prabowo Subianto dan Gerindra.

“Sejak November 2022 saya memang mendapatkan perlawanan ketat dari capres tertentu. Dan alhamdulillah kalau kita baca data yang disampaikan LSI, 50,5% di kami dan 36,8% di sana, berarti kerja keras kami sejak Desember sudah on the track. Ini menunjukkan pemilih Pak Prabowo di 2019 yang sempat bergeser ke sebelah, perlahan sekarang sudah kembali ke Pak Prabowo,” ujar Andre.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan menyebut mayoritas masyarakat Minangkabau tetap memilih Partai Gerindra dan Prabowo Subianto dalam pemilu 2024 mendatang. Hal itu, kata dia, berkat kerja politik Andre Rosisde dan kader-kader Gerindra yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Sumatera Barat.

BACA JUGA: Citra Institute: Prabowo Sosok yang Bisa Persatukan Indonesia

“Minang, cenderung banyak ke Gerindra. Di kalangan Minang, Prabowo yang unggul, baru Anies. Ini mungkan karena Bang Andre. Bang Andre malu ya kalo nggak seperti ini hasil surveinya,” kata Djayadi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close