BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Survei Indikator Politik: Prabowo Unggul Dalam Semua Simulasi Pilpres 2024

BIMATA.ID,Jakarta — Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru dengan judul “Saling Salip Elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden Jelang 2024.” Hasilnya menunjukkan capres dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dalam semua simulasi Pilpres 2024.

“Dimulai dari simulasi 19 nama capres, Prabowo unggul dengan hasil 25,3%. Elektabilitas Prabowo juga berada di atas Ganjar yang meraih 25,2%. Sementara, Anies berada di urutan ketiga dengan 12,5%.” papar Burhanuddin.

BACA JUGA: Survei Indikator Politik: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar atau Anies

Begitu pula ketika simulasi 10 nama dilakukan Prabowo meraih polling suara hingga 29,1% disusul Ganjar pada urutan kedua meraup suara 26,1%, dan Anies 13,2%.

“Adapun pada simulasi empat nama capres, elektabilitas Prabowo kembali melejit menjadi 35,2%, Ganjar 33,0%, dan Anies 19,8%. Dan, satu nama kandidat lainnya yakni Airlangga Hartarto meraup suara 2,0%.” papar Burhanuddin.

BACA JUGA: Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Sentuh 47,6% Salip Jauh Ganjar, Anies Kian Merosot

Mengerucut pada simulasi tiga nama, perbedaan elektabilitas Prabowo atas Ganjar dan Anies semakin jauh. Prabowo melejit urutan pertama mencapai 47,6%, disusul Ganjar 36,1% dan Anies pada urutan ketiga 3,5%.

Periode survei ini dilakukan pada 26-30 Mei 2023 dengan pemilihan sampel melalui metode RRD (Random Digit Dialing) yakni teknik memilih sampel melalui proses nomor telepon secara acak dengan sampel sebanyak 1230 responden.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Melonjak Salip Ganjar di Pemilih Kalangan NU

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close