BeritaEkonomiNasionalPendidikan

Hadiri Talkshow PPI Dunia, Puteri Komarudin : Pentingnya Pendidikan Dalam Mencetak SDM Berkualitas

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puteri Komarudin menghadiri acara Talkshow yang diadakan oleh anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, organisasi pelajar Indonesia di luar negeri dengan tema ‘Membangun Peta Jalan Pendidikan di Indonesia: Peningkatan Kualitas Pendidikan dan SDM Indonesia’.

Puteri menghadiri kegiatan acara tersebut bertujuan untuk menyerap aspirasi serta menjelaskan peran dan tugas DPR RI dalam proses pengambilan kebijakan di sektor pendidikan dan perekonomian.

Dia mengatakan,pentingnya pendidikan untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan terampil sehingga dapat memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan negara. Namun, ia sangat menyayangkan, kalau kenyataannya dunia pendidikan kita sampai saat ini masih menghadapi berbagai permasalahan, seperti ketimpangan dari infrastruktur, teknologi digital, kurikulum sampai kesejahteraan tenaga pelajar.

Baca Juga : Jika Pilpres Tanpa Anies, Survei LSI Denny JA: Prabowo Unggul Dibanding Ganjar

“Pendidikan menjadi hal terpenting untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan terampil sehingga mampu berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Tapi kenyataannya, dunia pendidikan kita masih menghadapi berbagai permasalahan. Mulai dari ketimpangan dari segi infrastruktur, teknologi digital, kurikulum, hingga soal kesejahteraan tenaga pengajar,” kata Puteri melalui keterangannya pada media, Selasa (06/06/2023).

Kemudian, Puteri juga menerangkan, bahwa ia juga hadir sebagai panelis dalam Diskusi Virtual dengan tema ‘Dialektika antara Pertumbuhan Ekonomi dan Ketahanan Sosial Indonesia’ yang diselenggarakan PPI Groningen, Belanda, pada Jumat (2/6). Dalam forum tersebut, Puteri menyampaikan peran DPR RI dalam mendorong terwujudnya pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

“Selama pandemi kemarin hingga tahun ini, kita berhasil menjaga laju pertumbuhan ekonomi meski pernah memasuki fase resesi dan ancaman ketidakpastian global. Namun, tantangan selanjutnya adalah memastikan pertumbuhan ekonomi tersebut juga memperhatikan keseimbangan 3 aspek pembangunan berkelanjutan, yaitu Profit, People, dan Planet. Makanya, DPR RI melaksanakan perannya melalui fungsi konstitusional kami, yaitu pembentukan undang-undang, anggaran dan pengawasan,” tuturnya.

Cek Juga : Terima Dubes Ukraina, Prabowo Tekankan Untuk Dukungan Perdamaian Dunia

Lebih lanjut, Puteri juga menjabarkan dukungan legislasi yang dilakukan DPR RI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Selama 3 tahun terakhir, DPR dan pemerintah telah mengesahkan tiga Undang-Undang yang meski mengatur sektor yang berkaitan, namun menjadi landasan hukum untuk membangun ekosistem ekonomi berkelanjutan. Seperti, instrumen Pajak Karbon yang diatur dalam UU No. 7 Tahun 2021 (UU HPP), pengecualian pajak daerah untuk kendaraan berbasis energi terbarukan dalam UU No. 1 Tahun 2022 (UU HKPD), dan ekosistem Keuangan Berkelanjutan yang diatur dalam UU No. 4 Tahun 2023 (UU PPSK),” imbuhnya.

Simak Juga : Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Diskusi dengan Jokowi soal Cawapres

Selain itu, Puteri juga mengajak anggota PPI turut serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa hingga proses pembentukan kebijakan, meski tengah menempuh pendidikan di luar negeri.

“Peran DPR dan pemerintah ini perlu didukung keterlibatan dari berbagai pihak, termasuk teman-teman sebagai pemimpin masa depan dan SDM unggul harapan bangsa. Pemuda Indonesia dimanapun kita berada harus terus aktif dalam penyusunan, mendukung pelaksanaan, hingga mengawasi implementasi berbagai kebijakan pemerintah. Kami di DPR pastinya terus terbuka akan berbagai rekomendasi dan aspirasi dari teman-teman PPI,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close