BeritaInternasionalOlahraga

Ukir Sejarah, Timnas Basket Putri Raih Medali Emas di SEA Games 2023 Pertama Kalinya

BIMATA.ID, KAMBOJA – Tim Nasional (Timnas) bola basket Putri Indonesia resmi meraih medali emas ke-59 untuk Indonesia di Asian SEA Games 2023. Hasil tersebut diperoleh setelah mengalahkan Singapura pada laga terakhir dengan skor 86 – 39.

Diketahui, skuad Merah Putih berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya. Selain itu, mereka juga tampil dominan sejak awal, dan berhasil mencatatkan rekor sempurna . Yakni tidak terkalahkan dalam enam laga yang telah mereka lakoni.

Timnas bola basket putri Indonesia sejatinya sudah mengamankan medali emas setelah melibas tuan rumah pada laga sebelumnya yang digelar Sabtu (13/05/2023). Namun, walau sudah memastikan posisi teratas, skuad asuhan Lin Chi Wen tetap tampil dengan kekuatan penuh pada laga terakhir kontra Singapura di Elephant Hall 2 Morodok Techno National Stadium, pada Minggu (14/05/2023).

Baca juga: Agenda Malam Minggu Prabowo, Hadiri  Pernikahan Jessica Mila-Yakup dan Munajat di Istiqlal

Penanggung Jawab Timnas Basket Putri, Christopher Tanuwidjaja mengatakan, Kimberley Pierre Louis, dan kolega langsung tancap gas dan unggul 16-6 pada pertengahan kuarter pertama. Sepuluh menit pertama berakhir dengan skor 26-7 bagi Indonesia.

“Saya bingung mau berbicara apa, karena kali pertama meraih medali emas. Hanya satu kata ‘bangga’. Kami sudah bekerja keras dalam beberapa SEA Games terakhir. Perjalanan panjang,” kata Penanggung Jawab Timnas Basket Putri, Christopher Tanuwidjaja.

Sambungnya, kepastian Indonesia meraih emas tak luput dari lima pertandingan yang mereka lakoni. Serta, dalam klasemen pesaing terdekat adalah Malaysia dengan 9 poin, hasil empat kemenangan, dan satu kali kalah.

Lihat juga: Di Hadapan Puluhan Ribu Jemaah, Prabowo Ungkap Keunggulan Ekonomi RI di Tengah Krisis Dunia

“Dari SEA Games 2019 di Manila kami mendapat perunggu. Kemudian tahun lalu, mendapat perak di SEA Games 2021 di Vietnam. Sekarang dapat emas dan emasnya bukan emas biasa. Tapi emas sempurna karena semua tim besar sudah kalah sama kami,” katanya.

Sekedar informasi, atas perolehan itu, Indonesia menempati posisi teratas klasemen bola basket putri SEA Games 2023 yang menggunakan sistem round robin. Tim Merah Putih mencatatkan enam kemenangan dari enam laga yang dilakoni.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close