BeritaEkonomiInternasionalNasionalPeristiwaUmum

Pemerintah Perkuat Sektor Ekonomi Digital

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah tengah memperkuat sektor ekonomi digital. Supaya masyarakat di dalam negeri mampu bersaing dalam kebijakan masyarakat ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community.

Integrasi ekonomi ASEAN merupakan kebutuhan untuk mentransformasi ASEAN menjadi kawasan digital. Dalam rangka memanfaatkan digitalisasi terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan. Seperti peningkatan peluang bisnis, peningkatan kualitas produk dan jasa, peningkatan produktivitas dan efisiensi, serta peningkatan daya saing.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Meningkat Pesat di DKI Jakarta

“Ke depan, aksesibilitas dan keterjangkauan layanan keuangan digital perlu diperluas hingga menjangkau masyarakat di seluruh pelosok tanah air,” kata Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin melalui keterangan pers yang diterima pada Kamis (11/05/2023).

Dalam menyikapi itu, kini layanan keuangan digital terus bertumbuh untuk membentuk ekosistem keuangan digital yang efektif, inovatif, inklusif, berkelanjutan, dan aman.

Di dalam negeri, lanjut Wapres, pengembangan keuangan digital diupayakan, antara lain, dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur digital, membentuk peraturan perundang-undangan yang menunjang pembangunan digital, termasuk Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, serta menggencarkan edukasi dan literasi digital.

BACA JUGA: Prabowo Terima Kerja Sama, Menhan Kongo: Kita Sama-sama Jaga Paru-paru Dunia

“Pemerintah Indonesia menyadari sektor digital adalah sebuah struktur yang kompleks, berubah dengan cepat, dan kerap memunculkan isu-isu baru,” sebut Wapres.

Oleh sebab itu, Wapres menegaskan pentingnya keberadaan sumber daya manusia (SDM) dan ahli-ahli digital untuk mengimbangi perkembangan tersebut.

Dengan ratusan juta penduduk Indonesia yang diketahui sebagai pengguna aktif internet, Wapres pun menilai, program-program edukasi oleh kementerian/lembaga (K/L) tentang penggunaan internet untuk kemajuan pribadi, masyarakat, dan negara sangat strategis untuk digiatkan bagi masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Prabowo Dukung Penuh Timnas Sepak Bola Indonesia

“Saya berharap seluruh K/L terkait dapat ambil bagian dalam tugas ini. Saya juga berharap, kerja sama ASEAN akan memunculkan talenta digital di setiap negara ASEAN,” harapnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close