BeritaPeristiwaPertanian

Kelompok Tani Tembakau di Temanggung Terima Bantuan Pupuk

BIMATA.ID, TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) menyalurkan bantuan pupuk untuk tembakau di Balai Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak, Temanggung, pada Minggu (14/05/2023).

Diketahui, kegiatan itu turut dihadiri Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq, Kepala DKPPP, Camat Tembarak, Kepala Desa Wonokerso, dan dihadiri oleh para kelompok tani (Gapoktan) Selopampang, Tembarak, Tlogomulyo, dan Temanggung.

Kepala Bidang Hortikultura DKPP Temanggung, Sumarno mengungkapkan, bahwa sebanyak 398 kelompok tani telah menerima bantuan pupuk pertembakauan, dalam bentuk pupuk Fertila, dan ZA. Fertilla sebanyak 636.800 kg, dan pupuk ZA sebanyak 179.100 kg. Bantuan tersebut disalurkan untuk para kelompok tani yang terdiri atas kelompok tani di lereng Sumbing, Sindoro, dan Prau, hingga kegiatan persawahan.

Baca juga: Prabowo: Perbedaan Jangan Jadi Sumber Perpecahan

Kemudian, Sumarno menyampaikan, terdapat empat kecamatan yang terdiri atas 92 kelompok tani, yang akan mendapatkan bantuan pupuk.

“Hari ini di Wonokerso, Tembarak ini ada empat kecamatan yang akan menerima, yaitu di Kecamatan Selopampang, Tembarak, Tlogomulyo, dan Temanggung sebanyak 92 kelompok tani,” jelas Sumarno.

Selain itu, dalam sambutannya Bupati, Al Kahdziq menyampaikan, usaha pertanian tidak dapat berjalan sendiri. Namun harus ada campur tangan Pemerintah.

Lihat juga: Agenda Malam Minggu Prabowo, Hadiri  Pernikahan Jessica Mila-Yakup dan Munajat di Istiqlal

“Usaha pertanian tidak bisa hanya diserahkan kepada petani, pemerintah juga ikut cawe-cawe. Karena pengkajian, kemajuan, teknologi pertanian, budidaya yang lebih efisien dan lain sebagainya termasuk penelitian dan pengembangan itu, adanya di pemerintah,” tuturnya.

Sekedar informasi, kegiatan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan pupuk oleh Bupati kepada empat perwakilan kelompok tani, yang terdiri dari Kelompok Tani Jadi Mulyo, Kelompok Tani Makmur II, Kelompok Tani Mekarsari, dan Gemah Ripah II.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close