Nasional

Hasil Survei Terus Meningkat, Rakyat Anggap Prabowo Strong Leader

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil surveinya terkait siapa calon presiden yang akan lolos putaran kedua, dan isu pemilihan presiden lainnya, di Jakarta, Jumat (19/5).

Dalam survei ini, elektabilitas Prabowo Subianto mencapai 33,9 persen. Ganjar Pranowo sebesar 31,9 persen dan Anies Baswedan sebesar 20,8 persen.

“Dan mereka yang belum memutuskan ataupun tidak menjawab tersisa hanya sebesar 13,4 persen,” kata Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfarabi.

LSI Denny JA kemudian membeberkan 4 alasan mengapa Prabowo Subianto unggul dalam survei Mei 2023.

Pertama, mayoritas pemilih menginginkan capres 2024 adalah sosok strong leader yang mampu menumbuhkan ekonomi. Dari ketiga nama capres (Prabowo, Ganjar dan Anies), Prabowo lebih kuat asosiasinya sebagai sosok yang strong leader yang mampu tumbuhkan ekonomi.

Kedua, Prabowo mendapat limpahan suara dari pendukung Ganjar Pranowo. Pendukung Ganjar, lebih banyak beralih ke Prabowo Subianto.

Ketiga, dengan pengalaman Prabowo di pemerintah pusat sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Jokowi, memperkuat citra kapabilitas Prabowo sebagai capres yang mampu mengelola pemerintahan (salah satu image yang melemahkan Prabowo pada pilpres 2019).

Keempat, Prabowo juga dinilai menjadi tokoh sentral yang banyak diterima oleh berbagai spektrum politik. Dengan kata lain, Prabowo adalah sosok yang bisa diterima semua kalangan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close