Nasional

Dua Alasan Kenapa Pendukung Loyal Jokowi Pilih Prabowo ketimbang Ganjar

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil survei terbaru menunjukkan pendukung loyal Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 lebih memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ketimbang kader PDIP Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 mendatang. Ada dua alasan kenapa pemilih Jokowi lebih mendukung menteri pertahanan itu.

Pengamat politik sekaligus Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menyebutkan dua faktor tersebut.

Pertama, yakni endorsement masif yang dilakukan oleh Jokowi yang mendorong peningkatan dukungan kepada Prabowo.

“Pertama, endorse Jokowi yang masif dan kemudian dibaca oleh para pendukung Jokowi,” jelas Arif dalam keterangan tertulis, Jumat (26/5).

Kedua, yaitu kepercayaan pemilih Jokowi kepada Prabowo, yang akan melanjutkan program-program Pemerintahan saat ini.

“Pendukung Jokowi percaya bahwa Prabowo akan melanjutkan program kerja pemerintah saat ini,” jelasnya.

Hasil survei Litbang Kompas periode Mei 2023 mencatatkan perubahan arah dukungan pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilu 2019 kepada Prabowo. Survei itu mengungkapkan adanya kenaikan dukungan pemilih Jokowi kepada Prabowo, dari yang semula berada pada angka 21 persen di periode Januari 2023 menjadi 26,2 persen.

Sementara dukungan mereka pada Gubernur Jateng Ganjar justru menurun, dari 61 persen menjadi 56,3 persen.

“Aliran suara dari pemilih Jokowi yang makin besar kepada Prabowo dapat menjadi ancaman cukup serius bagi posisi Ganjar pada hari-hari mendatang,” demikian dikutip dari survei Litbang Kompas.

Litbang Kompas juga merilis hasil elektabilitas Prabowo yang kokoh di urutan pertama dengan 24,5 persen. Sementara, Ganjar serta mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi kedua dan ketiga, dengan masing-masing perolehan elektabilitas berada pada angka 22,8 persen dan 13,6 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close