Berita

Polda Metro Jaya Imbau Masyarakat Mulai Mudik Sebelum 19 April untuk Hindari Kepadatan Lalu Lintas

BIMATA.ID, Jakarta – Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan diharapkan sebelum kebijakan hari libur Idul Fitri tiba, masyarakat bergerak lebih dulu mudik untuk memecah kepadatan arus lalu lintas.

“Kan libur tanggal 19 April, tetapi 14 April yang kemungkinan hari Jumat Sabtu Minggu kan mudah mudahan sudah ada pemudik yang sudah berangkat untuk memecah,” katanya, Selasa (04/04/2023).

Pemecahan tersebut dimaksudkan masyarakat yang melaksanakan mudik tidak menumpuk di salah satu hari saja.

Baca Juga : Elektabilitas Prabowo Meroket, Jokowi di Hadapan KIB-KIR: Bukan karena Saya

“Sehingga dipecah tidak menumpuk di satu hari itu, tetapi ada perpecahan masyarakat yang bergerak,” sambungnya.

Menurut Latif, untuk arus lalu lintas mudik sudah mulai dilakukan pemetaan wilayah-wilayah yang disiapkan untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Tentunya kalau roda empat kan kita jalur tol, jalur tol sudah kita siapkan untuk yang ke arah Cikampek, itu yang ke arah timur, terus nanti yang ke arah barat Merak juga sudah kita siapkan, begitu juga Jagorawi yang akan kita siapkan ke arah Bogor,” papar Latif.

Cek Juga : Di Depan KIB dan KIR, Presiden Jokowi Akui Kerja Keras Prabowo

Sementara, pemetaan juga dilakukan di jalur untuk motor. Mengingat potensi pemudik menggunakan kendaraan roda dua tetap besar meski tidak dianjurkan.

“Untuk jalur alternatif khusus sepeda motor itu di jalur yang paling utama adalah dari Halim lama, yaitu nanti sampai dengan Jatiwaringin yaitu Bekasi Kabupaten,” tandasnya.(oz)

Simak Juga : Di Depan KIB dan KIR, Presiden Jokowi Akui Kerja Keras Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close