Berita

Mendagri Tito Karnavian Imbau Pemda Gencarkan Langkah-langkah Pengendalian Inflasi Jelang Lebaran 2023

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengimbau pemerintah daerah (Pemda) agar menggencarkan upaya pengendalian inflasi dua pekan menjelang Lebaran, Langkah ini penting karena diperkirakan permintaan terhadap berbagai jasa maupun barang bakal meningkat, termasuk produk makanan dan minuman.

“Dan mengajak juga masyarakat yang mampu atau perusahaan untuk menggunakan dana CSR yaitu (untuk) operasi pasar murah, terutama di masyarakat-masyarakat yang kurang mampu,” katanya, Selasa (11/04/2023).

Baca Juga : Buka Puasa PAPERA Kulon Progo, Anak Yatim Doakan Prabowo

Selain itu, Pemda juga perlu mencairkan anggaran bantuan sosial (bansos), baik secara tunai, non-tunai, maupun dalam bentuk sembako.

Mendagri juga meminta Pemda menggencarkan pengecekan suplai pangan dan memastikan kebutuhannya terpenuhi.

“Kalau kurang segera cek dan lakukan kerja sama antardaerah atau koordinasi dengan jajaran Kementerian Perdagangan, Badan Pangan, Bulog, dan lain-lain, untuk mencukupi suplai daerah masing-masing,” ucapnya.

Cek Juga : Survei LSI Terbaru: Prabowo Menang Lawan Ganjar dan Anies

Pemda juga perlu melakukan intervensi bila terjadi kenaikan pada komoditas tertentu. Hal itu seperti beras, cabai, daging ayam, telur, dan lainnya. Intervensi itu salah satunya dengan memberikan subsidi transportasi terhadap pihak yang mengandalkan suplai barangnya dari luar daerah.

Menurutnya, beberapa daerah telah menerapkan langkah tersebut, sehingga harga yang ditetapkan bisa terjangkau.

“Jadi dijual dengan harga yang sama dengan harga pembeliannya di daerah itu, ini banyak yang melakukan itu, nah ini harus digencarkan selama dua minggu ini menjelang Lebaran,” tungkasnya.(oz)

Simak Juga : Prabowo Subianto dan Cak Imin Bertemu: Saling Tukar Informasi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close