BeritaEkonomiNasionalPolitik

Legislator PDI-P Dukung Upaya Kemenag Manfaatkan Asrama Haji Guna Tingkatkan PNBP

BIMATA.ID Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Selly Andriany Gantina meminta memanfaatkan penggunaan asrama haji untuk penginapan dan acara fullboard meeting. Hal ini ia sampaikan menanggapi upaya Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief, untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Hal ini Disampaikan Selly, saat pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Kemenag Kota Bekasi, Kepala UPT. Asrama Haji Bekasi dan jajarannya, di Aula Asrama Haji Bekasi beberapa waktu lalu. Dikutip dari website resmi media Parlemen, Senin (03/04/2024).

“Nah kalau memang ingin PNBP ini diterapkan, maka kita mulai dari Jawa Barat, apa yang bapak sampaikan tadi fullboard meeting, mulai lah dari situ, mumpung kita Komisi VIII hadir di sini,” ujar Selly.

Baca Juga : Prabowo Jadi Rebutan Swafoto, Netizen: Presiden Masa Depan

Kemudian Selly menyatakan, bahwa dirinya setuju dengan rencana ini dan bisa dimulai dari Provinsi Jawa Barat dengan cara menguatkan kearifan lokal serta melibatkan pelaku UMKM yang ada di Provinsi wilayah tersebut.

“Contoh di Jawa Barat ini kita punya embarkasi Indramayu, di Indramayu ini kan terkenal dengan rotan, kenapa sih tidak paket yang namanya embarkasi haji Indramayu itu semua yang namanya perlengkapan mebel atau furniture sana menggambarkan rotannya wilayah Ciayumajakuning, otomatis kan memberikan potensi UMKM yang ada di Indramayu dan Cirebon, nah ini salah satu wujud bahwa ada keberpihakan Kementerian Agama terhadap produk-produk lokal yang ada di wilayah Ciayumajakuning,” ungkapnya.

Dia berharap, kalau rencana ini bisa dikomunikasikan dan dikonsultasikan dengan Komisi VIII DPR, guna dibuatkan aturan atau kebijakan terkait rencana pemanfaatan asrama haji untuk penginapan dan fullboard meeting.

Cek Juga : Prabowo Ungkap Isi Pertemuan Ketum Parpol Bareng Jokowi di Silaturahmi Ramadan PAN

“Kita buat kebijakan mengenai fullboard meeting di mulai dari Jawa Barat dan kemudian dengan kaitannya dengan lain-lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief, meminta agar asrama haji dapat dimanfaatkan untuk acara kegiatan masyarakat guna meningkatkan PNBP.

“Kami sedang berkonsultasi dengan BPK maupun di internal kami, terkait dengan layanan bagi pengguna asrama, jadi saat ini kami diperbolehkan menyewakan asrama dan kalau dalam nomenklatur yang ada itu adalah penginapan dan sementara orang yang datang ke sini bukan hanya mau nginap tetapi juga ingin mengadakan kegiatan termasuk program, ataupun meeting yang kita sebut fullboard meeting,” ungkapnya.

Seimak Juga : Di Hadapan Jokowi, Gus Miftah Tagih Janji Prabowo 8 Tahun Silam

Dirinya mengungkapkan, kalau saat ini pihaknya sedang melakukan perancangan aturan untuk pemanfaatan asrama haji ini.

“Oleh itu karena teman-teman sedang mencari berbagai cara, menginapnya di asrama, tapi makan nya oleh koperasi atau yang lainnya, jadi dipisah, jadi berbagai strategi kita terapkan dan kami sedang juga mengajukan aturan agar bisa lebih optimal untuk mendorong PNBP termasuk dengan skema-skema layanan yang bisa disediakan oleh asrama haji,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close