BeritaNasionalPertanianRegional

Di Klaten, Mentan Gelar Panen Raya Padi IP 400

BIMATA.ID, Klaten – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo gelar panen raya di Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

Mengenai hal itu, kegiatan itu merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam upaya memastikan ketersediaan pangan di bulan puasa, dan lebaran mendatang dalam kondisi aman.

Mentan Syahrul menyampaikan, dirinya bersyukur karena petani di Jateng mampu meningkatkan produktivitas. Kabupaten Klaten berhasil menerapkan empat kali panen dalam semusim alias IP 400 pada lahan 1000 hektar.

Baca juga: Sambangi Kertanegara, Gus Muhaimin Ucapkan Selamat atas Elektabilitas Prabowo

Menurutnya, pola tanam semacam itu perlu diperluas agar Indonesia benar-benar berdaulat pangan, mandiri, dan modern.

“Hari ini kita juga langsung menandatangani komitmen bersama untuk percepatan tanam 1000 hektar pada lahan IP400. Saya kira IP400 jarang didapatkan di wilayah lain dan ini dimotori langsung oleh pemerintah daerah bersama petani yang terus semangat, kompak dan kelihatannya cukup memperlihatkan sesuatu pada bangsa dan negara,” ungkap Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Klaten Jawa Tengah, pada Senin (10/04/2023).

Sambungnya, pertanaman di wilayah Jawa memang lebih besar dibandingkan wilayah lain. Karena itu, IP 400 adalah solusi yang dapat mewujudkan petani agar sejahtera. Hingga, model IP400 bisa meluas secara masif di Indonesia.

Lihat juga: Prabowo Terima Gus Muhaimin di Kertanegara, Bahas Kerja Sama Politik

“IP400 sangat baik terutama untuk perekonomian dan kekompakan petani. Oleh karena itu, Ibu bupati akan memberi penjelasan seperti apa 1000 hektar itu akan kita coba jadikan model yang direplikasi atau diduplikasi oleh Kabupaten lain. Terutama tentu saja pertanaman di Jawa lebih khusus karena kita tidak boleh buang satu siklus pertanaman untuk tidak digarap dan tidak diintervensi,” ungkap Mentan Syahrul Limpo.

Selain itu, Kabupaten Klaten adalah kabupaten subur yang memiliki hamparan sawah cukup luas, dan merupakan sentra padi terbesar yang ada di Jateng. Maka, kesuburan itu perlu dijaga bersama guna masa depan bangsa, dan negara.

“Jadi saya kira ini luar biasa. Sangat hebat sekali. Menurut saya sih kita kembangkan dan insya allah kami tetap berharap nanti suatu saat bapak presiden akan melihat,” jelasnya.

Simak juga: KNPI Dorong Pembentukan Koalisi Parpol Usung Prabowo Dalam Pemilu 2024

Sekedar informasi, luas baku sawah di Kabupaten Klaten mencapai 31.705 ha. Panen BPS periode Januari – Maret 2023 mencapai 19.051 ha atau 29,94 persen. Adapun produksi gabah di sana mencapai 103.878 ton GKG dan produksi beras mencapai 59.817 ton.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close