BeritaRegional

Walikota Bandung : Kolam Retensi Cisanggarung diklaim Bisa Atasi Banjir di Cingised dan Arcamanik

BIMATA.ID, Bandung – Walikota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kolam retensi Cisanggarung telah diresmikan, kolam retensi ini digadang-gadang bakal menanggulangi banjir yang terjadi di wilayah Cingised dan Arcamanik Kota Bandung.

“Kolam retensi Cisanggarung ini mengatasi titik banjir biasa terjadi Cingised sama Arcamanik. Kapasitasnya 8 juta litter,” kata Yana, dikutip dari detikjabar, Selasa (14/03/2023).

Yana menuturkan, Cisanggarung merupakan kolam retensi kesepuluh yang telah dibangun oleh pemkot dalam upaya menanggulangi banjir, fungsi dari kolam tersebut adalah sebagai penampung dan parkir air dari hulu menuju hilir.

Baca Juga : Jadi Warga Kehormatan Kopasgat TNI AU, Prabowo: Saya Akan Jaga Kehormatan Korps Baret Jingga

Selain sebagai pengendali banjir, menurut Yana, juga tak menampik kolam retensi Cisanggarung bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik dan konservasi, masyarakat bisa berwisata di lokasi tersebut.

Hal Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi, dia mengatakan bahwa pihaknya bakal menghijaukan kawasan kolam retensi Cisanggarung.

“Selain pengendalian banjir juga, difungsikan sebagai konservasi. Jadi mudah-mudahan ada kolam retensi, resapan air makin besar, dan tinggi muka air tanah naik,” ucap Didi.

Perlu diketahui, kolam retensi Cisanggarung ini dibangun pada tahun 2022, menurut LPSE Kota Bandung, nilai kontrak anggaran pembangunan kolam ini mencapai Rp 4.455.530.500.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close