BeritaPolitikRegionalUmum

Presiden Jokowi Resmikan Penataan Kawasan Pura Besakih

BIMATA.ID, Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Penataan Kawasan Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.

Dalam Peresmian tersebut, Jokowi menyampaikan, bahwa Pura Besakih merupakan pura yang sangat disucikan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia. Dikutip dari website resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jokowi mengungkapkan, sejak dulu Pura Besakih selalu ramai dikunjungi oleh umat Hindu dan wisatawan, terlebih kalau sedang ada upacara besar. Seperti upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang diselenggarakan setiap sasih kedasa.

Baca Juga: Survei PWS: Duet Prabowo-Ganjar Paling Banyak Dipilih

Sebab menurutnya saat upacara besar tersebut, umat Hindu dari berbagai penjuru di seluruh Indonesia akan beramai-ramai datang untuk melakukan persembahyangan.

“Kedatangan umat dan pengunjung yang semakin banyak tanpa diimbangi dengan penataan, tanpa ada antisipasi kedepan, akan menimbulkan kesemrawutan dan ketidaknyamanan. Oleh sebab itu pada tahun 2021, saya perintahkan dan saya minta pada Pak Menteri PUPR, untuk melakukan penataan di Kawasan Suci Pura Besakih ini bersama-sama dengan Gubernur Provinsi Bali,” Ujar Jokowi.

Cek Juga: Pejuang Ekonomi Kerakyatan, Sudaryono Kobarkan Semangat Perjuangan Pedagang Dukung Prabowo

Kemudian, dirinya mengatakan, kalau penataan ini dilakukan dengan membangun berbagai macam infrastruktur pendukung guna masyarakat dapat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Besakih ini tetap terjaga kesuciannya.

“Penataan dilakukan dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Besakih tetap terjaga kesuciannya,” tambah Presiden Jokowi.

Simak Juga: Sugiono: Kemenangan Prabowo dan Gerindra Dimulai dari Sulsel

Terlihat dalam peresmian Pura Besakih tersebut Presiden Jokowi turut didampingi oleh Kementerian PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close