BeritaKesehatanNasionalSains & TekUmum

Deteksi Penyebaran Omicron, Pemerintah akan Datangkan 15 Mesin Genome Sequencing

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah akan mendatangkan 15 mesin genome sequencing baru, yang akan disebarkan ke seluruh pulau di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku,dan Papua. Sebagai upaya untuk mendeteksi penyebaran virus covid-19, khususnya varian omicron.

“Kita juga akan mendatangkan 15 mesin genome sequencing baru. Mudah-mudahan di awal tahun depan segera datang, akan kita sebarkan ke seluruh pulau-pulau Indonesia Sumatera Kalimantan Sulawesi Maluku Papua. Agar tes genome sequencing seperti ini menjadi lebih cepat dan juga jaringannya tidak hanya di Jawa saja,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers PPKM, Senin (27/12/2021).

Selain itu, Pemerintah juga akan menyebarkan teknologi baru untuk tes PCR supaya bisa mendeteksi virus Omicron. Pihaknya berencana menyebarkan di seluruh pintu-pintu masuk ke luar negeri.

Adapun di Kementerian Kesehatan konsisten melakukan empat strategi untuk menangani pandemi termasuk omicron. Pertama, penerapan protokol kesehatan atau 3M, kedua surveilans atau 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Ketiga, vaksinasi, dan yang keempat adalah terapeutik atau perawatan.

Maka, Budi menghimbau keras agar masyarakat Indonesia tidak bepergian ke luar negeri, untuk mencegah penyebaran virus covid-19 varian baru yaitu omicron.

“Nomor satu, tidak usah pergi ke luar negeri kalau tidak sangat buruk. Karena sekarang sumber penyakitnya ada di sana dan semua orang yang kembali kita lihat banyak yang terkena. Jadi Lindungilah diri kita jangan ke luar negeri,” tegas Menkes.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close